Berikut Ini Urutan yang Tepat dalam Rukun Ibadah Umrah Adalah

Admin

0 Comment

Link

BERITALOGIUrutan yang Tepat dalam Rukun Ibadah Umrah Adalah, Ibadah umrah merupakan salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat muslim di seluruh dunia. Ibadah ini memiliki beberapa rukun yang harus dilakukan dengan benar dan tepat agar ibadah umrah menjadi sah dan diterima oleh Allah SWT. Dalam artikel ini, kita akan membahas urutan yang tepat dalam rukun ibadah umrah.

Rukun Ibadah Umrah

Sebelum membahas urutan yang tepat dalam rukun ibadah umrah, kita harus memahami terlebih dahulu apa saja rukun ibadah umrah. Rukun ibadah umrah terdiri dari empat rukun, yaitu:

1. Ihram 2. Tawaf 3. Sa’i 4. Tahallul

Setiap rukun memiliki urutan yang harus dilakukan dengan benar dan tepat agar ibadah umrah menjadi sah dan diterima oleh Allah SWT.

Urutan yang Tepat dalam Rukun Ibadah Umrah

1. Ihram

Ihram merupakan rukun pertama dalam ibadah umrah. Ihram dilakukan dengan mengucapkan niat dan membaca talbiyah. Setelah itu, umat muslim harus memakai pakaian ihram yang terdiri dari dua lembar kain putih yang tidak dijahit. Pakaian ihram ini melambangkan kesederhanaan dan kesucian hati.

Setelah memakai pakaian ihram, umat muslim harus membersihkan diri dengan mandi wajib atau wudhu. Setelah itu, umat muslim harus mengucapkan niat umrah dan membaca talbiyah. Niat umrah harus diucapkan dengan jelas dan tegas, sedangkan talbiyah harus dibaca sepanjang perjalanan menuju Makkah.

2. Tawaf

Tawaf merupakan rukun kedua dalam ibadah umrah. Tawaf dilakukan dengan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali searah jarum jam. Tawaf harus dimulai dari sudut Hajar Aswad dan diakhiri di sudut yang sama.

Sebelum memulai tawaf, umat muslim harus membersihkan diri dengan mandi wajib atau wudhu. Setelah itu, umat muslim harus membaca doa tawaf dan memulai tawaf dengan mengucapkan niat.

3. Sa’i

Sa’i merupakan rukun ketiga dalam ibadah umrah. Sa’i dilakukan dengan berlari-lari kecil antara bukit Shafa dan Marwah sebanyak tujuh kali. Sa’i dimulai dari bukit Shafa dan diakhiri di bukit Marwah.

Sebelum memulai sa’i, umat muslim harus membersihkan diri dengan mandi wajib atau wudhu. Setelah itu, umat muslim harus membaca doa sa’i dan memulai sa’i dengan mengucapkan niat.

4. Tahallul

Tahallul merupakan rukun terakhir dalam ibadah umrah. Tahallul dilakukan dengan memotong atau mencukur rambut. Tahallul menandakan berakhirnya ihram dan umat muslim dapat kembali ke kehidupan sehari-hari.

Setelah tahallul, umat muslim harus membersihkan diri dengan mandi wajib atau wudhu. Setelah itu, umat muslim harus mengucapkan doa dan mengakhiri ibadah umrah.

Kesimpulan

Ibadah umrah merupakan salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat muslim di seluruh dunia. Ibadah ini memiliki empat rukun yang harus dilakukan dengan benar dan tepat agar ibadah umrah menjadi sah dan diterima oleh Allah SWT. Urutan yang tepat dalam rukun ibadah umrah adalah ihram, tawaf, sa’i, dan tahallul. Dengan melakukan urutan yang tepat dalam rukun ibadah umrah, umat muslim dapat merasakan keberkahan dan kebahagiaan dalam menjalankan ibadah umrah.

Share:

Related Post

Leave a Comment