Cara Agar Tabel di Word Tidak Terpotong di Halaman Selanjutnya

Admin

0 Comment

Link

BERITALOGI – Cara Agar Tabel di Word Tidak Terpotong di Halaman Selanjutnya, Tabel adalah salah satu fitur yang sangat penting dalam Microsoft Word. Tabel dapat membantu kita untuk menyusun data dengan rapi dan teratur. Namun, terkadang kita mengalami masalah ketika tabel terpotong di halaman selanjutnya. Hal ini tentu sangat mengganggu dan mengurangi keindahan dokumen yang kita buat. Berikut ini adalah beberapa cara agar tabel di Word tidak terpotong di halaman selanjutnya.

Cara Agar Tabel di Word Tidak Terpotong di Halaman Selanjutnya

1. Menggunakan Fitur “Keep with Next”

Salah satu cara untuk menghindari tabel terpotong di halaman selanjutnya adalah dengan menggunakan fitur “Keep with Next”. Fitur ini dapat membuat teks atau tabel tetap berada di halaman yang sama dengan paragraf berikutnya. Caranya sangat mudah, cukup pilih tabel yang ingin diatur, kemudian klik kanan dan pilih “Paragraph”. Setelah itu, pilih tab “Line and Page Breaks” dan centang kotak “Keep with Next”. Dengan cara ini, tabel akan tetap berada di halaman yang sama dengan paragraf berikutnya.

2. Menggunakan Fitur “Allow Row to Break Across Pages”

Fitur kedua yang dapat digunakan untuk menghindari potongan tabel adalah “Allow Row to Break Across Pages”. Fitur ini memungkinkan baris tabel untuk tetap utuh, bahkan jika tabel harus dipindahkan ke halaman berikutnya. Caranya juga sangat mudah, cukup pilih tabel yang ingin diatur, kemudian klik kanan dan pilih “Table Properties”. Setelah itu, pilih tab “Row” dan centang kotak “Allow Row to Break Across Pages”. Dengan cara ini, baris tabel akan tetap utuh meskipun harus dipindahkan ke halaman berikutnya.

3. Mengatur Ukuran Tabel

Cara ketiga untuk menghindari potongan tabel adalah dengan mengatur ukuran tabel. Jika tabel terlalu besar, maka kemungkinan akan terpotong di halaman selanjutnya. Oleh karena itu, pastikan ukuran tabel sesuai dengan halaman dokumen yang digunakan. Untuk mengatur ukuran tabel, cukup klik kanan pada tabel dan pilih “Table Properties”. Setelah itu, pilih tab “Table” dan atur ukuran lebar dan tinggi tabel sesuai dengan kebutuhan.

4. Menggunakan Kolom Tabel

Cara terakhir untuk menghindari potongan tabel adalah dengan menggunakan kolom tabel. Jika tabel terlalu lebar, maka kemungkinan akan terpotong di halaman selanjutnya. Oleh karena itu, gunakan kolom tabel untuk membagi tabel menjadi beberapa bagian. Caranya sangat mudah, cukup klik kanan pada tabel dan pilih “Table Properties”. Setelah itu, pilih tab “Columns” dan atur jumlah kolom sesuai dengan kebutuhan.

Itulah beberapa cara agar tabel di Word tidak terpotong di halaman selanjutnya. Dengan mengikuti tips di atas, kita dapat membuat tabel lebih rapi dan teratur, serta menghindari potongan tabel yang mengganggu. Selamat mencoba!

Share:

Related Post

Leave a Comment