Cara Bikin Jenang Candil: Resep dan Tips Lengkap

Admin

0 Comment

Link

BERITALOGIApakah kamu mencari resep jenang candil yang lezat dan mudah dibuat di rumah? Kamu berada di tempat yang tepat! Jenang candil adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari ketan yang dicetak menjadi bola-bola kecil dan direbus dalam air gula merah. Di artikel ini, saya akan memberikan resep dan tips lengkap tentang cara bikin jenang candil yang sempurna. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Cara Bikin Jenang Candil: Resep dan Tips Lengkap

I. Pendahuluan

Jenang candil adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang terkenal dengan rasa manisnya yang lezat. Biasanya jenang candil disajikan pada acara-acara khusus seperti lebaran atau perayaan adat tertentu. Namun, sekarang jenang candil juga bisa kita temukan di toko-toko kue atau pasar tradisional. Namun, memasak sendiri jenang candil akan memberikan pengalaman yang lebih spesial dan memuaskan. Di artikel ini, kita akan membahas cara membuat jenang candil dengan resep dan tips yang lengkap.

II. Apa itu Jenang Candil?

Jenang candil adalah salah satu jenis jenang yang terbuat dari tepung ketan dan gula kelapa atau gula merah. Jenang candil biasanya memiliki bentuk bulat kecil dan kenyal, mirip seperti bola-bola mochi Jepang. Jenang candil seringkali disajikan dengan kuah gula merah yang kental dan aroma pandan yang harum. Jenang candil merupakan makanan tradisional yang populer di Jawa Tengah dan Yogyakarta, namun sekarang sudah menyebar ke seluruh Indonesia. Jenang candil bisa menjadi pilihan makanan penutup yang nikmat di setiap acara atau hanya sekedar menikmatinya di waktu santai.

III. Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat jenang candil:

  • 250 gram tepung ketan
  • 150 ml air matang
  • 1/2 sendok teh garam
  • 150 gram gula kelapa atau gula merah
  • 2 lembar daun pandan, simpulkan
  • Air secukupnya untuk merebus

Bahan-bahan tersebut bisa ditemukan di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Pastikan memilih bahan yang berkualitas untuk hasil yang maksimal.

IV. Cara Membuat Jenang Candil

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat jenang candil yang lezat:

  1. Campurkan tepung ketan dan garam dalam sebuah mangkuk besar. Tambahkan sedikit air matang, aduk hingga adonan bisa dipulung dan tidak lengket.
  2. Bentuk adonan menjadi bola-bola kecil seukuran kelereng. Letakkan bola-bola tersebut di atas piring atau loyang yang sudah diolesi minyak goreng agar tidak lengket.
  3. Rebus air dalam panci besar hingga mendidih. Setelah air mendidih, masukkan bola-bola ketan ke dalam air mendidih dan aduk-aduk secara perlahan. Tunggu hingga bola-bola ketan mengapung, tandanya sudah matang. Angkat bola-bola ketan dan tiriskan.
  4. Untuk membuat kuah gula merah, rebus gula merah atau gula kelapa dengan air dan daun pandan hingga gula larut dan mengental. Jangan lupa untuk disaring agar tidak ada serat gula kelapa atau gula merah yang tersisa.
  5. Setelah bola-bola ketan sudah dingin, masukkan bola-bola ketan ke dalam kuah gula merah yang sudah disiapkan.
  6. Jenang candil siap disajikan dalam mangkuk saji atau gelas kecil. Selamat menikmati!

Itulah cara membuat jenang candil yang mudah dan praktis. Dengan resep ini, kamu bisa membuat jenang candil yang lezat di rumah dengan mudah.

V. Cara Penyajian

Untuk penyajian jenang candil, kamu bisa menambahkan beberapa tips agar terlihat lebih menarik dan enak. Berikut adalah tips cara penyajian jenang candil:

  1. Sajikan jenang candil dalam mangkuk saji atau gelas kecil. Kamu bisa menambahkan es batu agar jenang candil terasa lebih segar.
  2. Taburi jenang candil dengan biji selasih atau kacang tanah yang sudah digoreng. Hal ini akan menambahkan tekstur yang berbeda pada jenang candil.
  3. Kamu juga bisa menambahkan susu kental manis atau sirup kental pada jenang candil untuk menambahkan rasa manis.
  4. Untuk tampilan yang lebih menarik, kamu bisa menambahkan potongan buah-buahan seperti kelapa parut atau pisang.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba mengombinasikan jenang candil dengan bahan lain. Beberapa kombinasi yang bisa dicoba antara lain:

  1. Jenang candil dengan es serut dan susu kental manis. Kombinasi ini sangat cocok untuk dinikmati di musim panas.
  2. Jenang candil dengan bubur sumsum. Kombinasi ini akan memberikan sensasi yang lembut dan kenyal di mulut.
  3. Jenang candil dengan saus coklat atau saus karamel. Kombinasi ini akan menambahkan rasa manis dan sedikit gurih pada jenang candil.

Itulah beberapa tips cara penyajian jenang candil agar terlihat lebih menarik dan variasi kombinasi jenang candil dengan bahan lain. Selamat mencoba!

Share:

Related Post

Leave a Comment