Cara Membuat Pecahan di Word Menggunakan Equation dan Shotcut

Admin

0 Comment

Link

BERITALOGI – Cara Membuat Pecahan di Word Menggunakan Equation dan Shotcut, serta cara membuat per di word dengan mudah, Apakah Anda sering membuat dokumen di Microsoft Word yang membutuhkan pecahan? Jika iya, maka Anda pasti sudah tahu betapa merepotkannya membuat pecahan secara manual menggunakan garis miring (/) atau tanda kurung. Untungnya, Microsoft Word menyediakan fitur Equation yang memudahkan kita untuk membuat pecahan secara cepat dan mudah. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat pecahan di Word menggunakan Equation dan shortcut yang bisa mempercepat proses pembuatan pecahan.

1. Menggunakan Equation di Word

Langkah pertama untuk membuat pecahan di Word adalah dengan menggunakan fitur Equation. Fitur ini dapat ditemukan di tab “Insert” di bagian atas Word.

  1. Klik tab “Insert” dan pilih “Equation” di grup “Symbols”.
  2. Pilih “Fraction” di kotak “Structures”.
  3. Pilih jenis pecahan yang diinginkan (biasa atau campuran) dan masukkan angka di atas dan di bawah garis pecahan.
  4. Klik di luar kotak Equation untuk menyelesaikan.

2. Menggunakan Shortcut Keyboard

Tidak ingin repot membuka menu Equation setiap kali ingin membuat pecahan? Anda bisa menggunakan shortcut keyboard berikut ini:

  1. Ketik angka atas pecahan.
  2. Tekan “Ctrl” + “/”.
  3. Ketik angka bawah pecahan.
  4. Tekan “Enter” untuk menyelesaikan.

Jika ingin membuat pecahan campuran, lakukan langkah yang sama tetapi gunakan “Ctrl” + “Shift” + “/”.

3. Menggunakan Format Painter

Jika Anda ingin membuat pecahan dengan format yang sama seperti pecahan sebelumnya, Anda bisa menggunakan fitur Format Painter di Word. Caranya:

  1. Buat pecahan pertama menggunakan salah satu cara di atas.
  2. Klik pecahan untuk memilihnya.
  3. Klik ikon “Format Painter” di tab “Home” di bagian atas Word.
  4. Klik area di mana Anda ingin menempelkan pecahan dengan format yang sama.

 

4. Menggunakan Add-In

Jika Anda sering membutuhkan pecahan dalam dokumen Word Anda, Anda bisa mempertimbangkan untuk menginstal add-in seperti “Fractional”. Add-in ini memungkinkan Anda untuk membuat pecahan dengan cepat tanpa harus membuka menu Equation. Caranya:

  1. Klik “Insert” di bagian atas Word.
  2. Klik “Get Add-ins”.
  3. Cari add-in “Fractional” dan klik “Add”.
  4. Ikuti petunjuk untuk menginstal add-in.
  5. Setelah terinstal, klik ikon add-in di bagian atas Word dan pilih jenis pecahan yang diinginkan.

Apakah kamu pernah menemukan kesulitan saat membuat simbol matematika di Word? Terkadang, simbol-simbol tersebut sulit dibuat dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, kamu dapat memanfaatkan fitur Equation pada Word untuk memudahkan pembuatan simbol matematika, salah satunya adalah pecahan.

Berikut Ini Adalah Langkah-langkah Cara Membuat Pecahan Atau Per di Word:

  1. Gunakan fitur Equation pada Word Untuk menggunakan fitur Equation pada Word, klik tab “Insert” pada ribbon, kemudian pilih “Equation”. Kamu juga dapat menggunakan shortcut “Alt + =” untuk membuka fitur Equation secara langsung.
  2. Pilih opsi “Fraction” Setelah fitur Equation terbuka, kamu akan melihat beberapa opsi simbol matematika. Pilih opsi “Fraction” yang biasanya berada pada bagian paling kiri.
  3. Tulis angka pada bagian atas dan bawah pecahan Setelah memilih opsi “Fraction”, kamu akan melihat dua kotak kosong pada pecahan. Kotak pertama di bagian atas pecahan, dan kotak kedua di bagian bawah pecahan. Ketik angka yang ingin kamu gunakan pada kotak tersebut.
  4. Pilih tipe pecahan Terdapat dua tipe pecahan yang dapat kamu gunakan pada Equation, yaitu pecahan biasa dan pecahan inline. Pecahan biasa memiliki garis horizontal di antara dua kotak, sedangkan pecahan inline tidak memiliki garis horizontal dan dapat digunakan pada teks biasa. Untuk memilih tipe pecahan, klik pada opsi “Fraction” pada ribbon Equation dan pilih tipe pecahan yang diinginkan.
  5. Gunakan shortcut “Ctrl + /” Kamu juga dapat menggunakan shortcut “Ctrl + /” untuk membuat pecahan di Word. Caranya adalah dengan mengetik angka pada bagian atas pecahan, kemudian mengetik “Ctrl + /”, dan mengetik angka pada bagian bawah pecahan.

 

Dengan menggunakan Equation dan shortcut di atas, kamu dapat dengan mudah membuat pecahan di Word. Selain pecahan, kamu juga dapat menggunakan fitur Equation untuk membuat simbol-simbol matematika lainnya seperti akar, integral, dan lain sebagainya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu dalam membuat pecahan di Word!

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat pecahan di Microsoft Word dengan mudah. Menggunakan fitur Equation dan shortcut keyboard adalah cara yang paling umum digunakan, tetapi Anda juga bisa mencoba menggunakan fitur Format Painter atau menginstal add-in jika ingin mempercepat proses pembuatan pecahan. Dengan menggunakan cara yang tepat, membuat pecahan di Word tidak perlu lagi merepotkan dan memakan waktu.

FAQs

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan seputar pembuatan pecahan di Word:

  1. Apakah hanya bisa membuat pecahan biasa di Word menggunakan fitur Equation? Tidak, kamu juga dapat membuat pecahan inline yang dapat digunakan pada teks biasa. Caranya sama seperti membuat pecahan biasa, namun pada langkah keempat pilih opsi “Inline Fraction”.
  2. Apakah fitur Equation hanya tersedia di Word versi terbaru? Tidak, fitur Equation telah tersedia di Word sejak versi 2007. Namun, pada versi-versi sebelumnya fitur ini mungkin memiliki tampilan dan cara penggunaan yang sedikit berbeda.
  3. Apakah shortcut “Ctrl + /” hanya bisa digunakan untuk membuat pecahan? Tidak, shortcut ini juga dapat digunakan untuk membuat simbol matematika lain seperti akar, pangkat, dan lain sebagainya.
  4. Apakah semua angka dapat digunakan pada bagian atas dan bawah pecahan? Ya, semua angka dapat digunakan pada bagian atas dan bawah pecahan. Namun, pastikan untuk menyesuaikan ukuran font agar pecahan tidak terlalu besar atau kecil.
  5. Bisakah simbol matematika yang dibuat dengan fitur Equation diubah ukurannya? Ya, kamu dapat mengubah ukuran simbol matematika dengan mengklik simbol tersebut dan menggunakan tombol “Ctrl + Shift + >” untuk memperbesar ukuran atau “Ctrl + Shift + <” untuk memperkecil ukuran.

Semoga jawaban-jawaban di atas dapat membantu menjawab beberapa pertanyaan yang mungkin ada mengenai pembuatan pecahan di Word menggunakan Equation dan shortcut.

Share:

Related Post

Leave a Comment