Cara Memperbaiki HP Yang Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali

Admin

0 Comment

Link

BERITALOGI – Menghadapi masalah pada handphone seperti tidak bisa disentuh sama sekali bisa membuat Anda merasa kesal dan frustrasi. Namun, sebelum Anda panik dan membawa handphone Anda ke teknisi, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan sendiri untuk memperbaiki masalah ini. Berikut adalah beberapa cara mengatasi dan memperbaiki handphone yang tidak bisa disentuh sama sekali, terutama pada handphone Samsung, Xiaomi, dan Vivo.

Cara Memperbaiki HP Yang Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali

Ponsel menjadi perangkat yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Namun, terkadang kita mengalami masalah pada ponsel yang dapat membuatnya tidak berfungsi dengan baik. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah ketika layar ponsel tidak dapat disentuh sama sekali. Masalah ini tentu sangat mengganggu dan menghambat aktivitas kita yang memerlukan ponsel.

Oleh karena itu, perlu diketahui cara mengatasi dan memperbaiki masalah ini. Artikel ini akan memberikan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki masalah pada ponsel yang tidak bisa disentuh sama sekali. Artikel ini juga akan memberikan beberapa cara khusus untuk memperbaiki masalah pada ponsel merek tertentu, seperti Samsung, Xiaomi, dan Vivo. Dengan mengetahui cara-cara ini, diharapkan kita dapat mengatasi masalah pada ponsel dengan lebih mudah dan cepat sehingga dapat meminimalkan gangguan dalam aktivitas sehari-hari.

Cara Mengatasi HP yang Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali

  1. Bersihkan Layar

Seringkali masalah pada layar handphone yang tidak bisa disentuh sama sekali terjadi karena layar yang kotor atau terdapat benda asing di atasnya. Coba bersihkan layar handphone Anda dengan menggunakan kain bersih dan lembut, serta sedikit cairan pembersih layar. Pastikan tidak ada benda asing seperti debu atau kotoran yang menempel pada layar.

  1. Restart Handphone

Cara yang paling sederhana untuk mengatasi masalah pada handphone yang tidak bisa disentuh sama sekali adalah dengan me-restart handphone. Hal ini bisa membantu mengatasi masalah yang bersifat sementara pada handphone Anda. Caranya cukup dengan menekan tombol power hingga muncul pilihan untuk mematikan handphone atau restart handphone. Pilih restart handphone dan tunggu beberapa saat hingga handphone menyala kembali.

  1. Hapus Cache

Cache pada aplikasi handphone seringkali menjadi penyebab masalah pada handphone yang tidak bisa disentuh sama sekali. Cobalah untuk membersihkan cache pada aplikasi yang sering Anda gunakan atau hapus cache secara keseluruhan dengan masuk ke menu Pengaturan > Penyimpanan > Cache data.

  1. Periksa Aplikasi Pihak Ketiga

Seringkali aplikasi pihak ketiga seperti antivirus atau aplikasi cleaner bisa menjadi penyebab masalah pada handphone yang tidak bisa disentuh sama sekali. Coba matikan sementara aplikasi pihak ketiga yang Anda gunakan dan periksa apakah masalah pada handphone Anda masih ada.

  1. Perbarui Sistem Operasi

Periksa apakah ada pembaruan sistem operasi terbaru untuk handphone Anda. Pembaruan sistem operasi seringkali dilengkapi dengan perbaikan bug dan masalah pada handphone. Caranya cukup masuk ke menu Pengaturan > Pembaruan Sistem dan cek apakah ada pembaruan yang tersedia.

Cara Memperbaiki HP Samsung yang Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali

Jika kamu menggunakan ponsel Samsung dan mengalami masalah layar ponsel yang tidak bisa disentuh sama sekali, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memperbaikinya. Berikut ini beberapa cara memperbaiki HP Samsung yang tidak bisa disentuh sama sekali:

  1. Wipe Cache Partition Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan membersihkan partisi cache pada ponsel Samsung. Partisi cache berfungsi untuk menyimpan file sementara yang digunakan oleh sistem operasi dan aplikasi. Namun, terkadang partisi cache dapat menjadi rusak dan memengaruhi kinerja ponsel. Untuk membersihkan partisi cache, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
    • Matikan ponsel Samsung.
    • Tekan tombol Volume Up, Power, dan Home secara bersamaan hingga muncul logo Samsung.
    • Setelah itu, lepaskan tombol Power namun tetap tahan tombol Volume Up dan Home hingga muncul menu Recovery Mode.
    • Pilih opsi Wipe Cache Partition dengan tombol Volume Down, dan tekan tombol Power untuk mengonfirmasi.
    • Tunggu hingga proses selesai, lalu pilih opsi Reboot System Now untuk merestart ponsel.
  2. Mode Aman Mode Aman adalah mode di mana ponsel hanya dapat dijalankan dengan aplikasi bawaan dari pabrik. Jika ponsel berfungsi dengan normal dalam mode ini, kemungkinan besar masalah terjadi karena aplikasi pihak ketiga. Untuk mengaktifkan Mode Aman pada ponsel Samsung, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
    • Tekan dan tahan tombol Power hingga muncul menu shutdown.
    • Tekan dan tahan tombol Power Off hingga muncul menu Restart to safe mode, lalu pilih opsi OK.
    • Tunggu hingga proses selesai dan ponsel masuk ke Mode Aman. Jika masalah layar tidak bisa disentuh sama sekali tidak terjadi di Mode Aman, kemungkinan besar masalah terjadi karena aplikasi pihak ketiga.
  3. Kembalikan ke Pengaturan Awal Jika kedua cara di atas tidak berhasil memperbaiki masalah pada ponsel Samsung kamu, langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan mengembalikan ponsel ke pengaturan awal. Namun, sebelum melakukan langkah ini, pastikan kamu telah mem-backup data penting kamu. Untuk mengembalikan ponsel ke pengaturan awal, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
    • Masuk ke menu Settings pada ponsel Samsung kamu.
    • Gulir ke bawah dan pilih opsi Backup and Reset.
    • Pilih opsi Factory data reset, dan kemudian konfirmasi pilihanmu.
    • Tunggu hingga proses selesai, dan ponsel akan restart dengan pengaturan awal.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki masalah layar tidak bisa disentuh pada ponsel Samsung kamu. Jika masalah masih terjadi setelah melakukan cara-cara di atas, sebaiknya kamu membawa ponsel ke pusat layanan resmi Samsung untuk mendapatkan perbaikan lebih lanjut.

Cara Mengatasi HP Xiaomi yang Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali

Jika kamu menggunakan HP Xiaomi dan mengalami masalah layar ponsel yang tidak bisa disentuh sama sekali, jangan khawatir karena ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi HP Xiaomi yang tidak bisa disentuh sama sekali:

  1. Bersihkan Layar Sentuh Kadang-kadang masalah pada layar sentuh HP Xiaomi terjadi karena kotoran atau debu yang menempel pada layar. Oleh karena itu, cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah membersihkan layar sentuh. Kamu dapat menggunakan kain microfiber atau tisu yang telah dibasahi dengan sedikit cairan pembersih untuk membersihkan layar. Pastikan untuk membersihkan dengan lembut dan tidak terlalu keras.
  2. Restart HP Xiaomi Cara kedua yang dapat kamu lakukan adalah dengan merestart HP Xiaomi kamu. Kadang-kadang masalah pada layar sentuh dapat terjadi karena masalah pada sistem operasi. Dengan merestart HP Xiaomi, sistem operasi dapat berjalan dengan normal kembali. Kamu dapat merestart HP Xiaomi dengan menekan tombol power selama beberapa detik hingga muncul opsi untuk restart.
  3. Safe Mode Mode Safe adalah mode di mana HP Xiaomi hanya dapat dijalankan dengan aplikasi bawaan dari pabrik. Jika masalah layar tidak bisa disentuh sama sekali tidak terjadi di Mode Aman, kemungkinan besar masalah terjadi karena aplikasi pihak ketiga. Untuk mengaktifkan Mode Aman pada HP Xiaomi, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
    • Tekan dan tahan tombol power hingga muncul opsi shutdown.
    • Tekan dan tahan opsi “Power Off” hingga muncul opsi “Restart to safe mode”, lalu pilih opsi OK.
    • Tunggu hingga proses selesai dan HP Xiaomi masuk ke Mode Aman.
  4. Wipe Cache Partition Seperti pada ponsel Samsung, cara lain yang dapat dilakukan untuk memperbaiki masalah layar tidak bisa disentuh pada HP Xiaomi adalah dengan membersihkan partisi cache. Caranya adalah sebagai berikut:
    • Matikan HP Xiaomi.
    • Tekan tombol Volume Up dan tombol Power secara bersamaan hingga muncul logo Xiaomi.
    • Pilih opsi “Recovery Mode” dan tekan tombol Power untuk konfirmasi.
    • Pada layar berikutnya, pilih opsi “Wipe Cache Partition” dengan tombol volume dan tekan tombol power untuk konfirmasi.
    • Tunggu hingga proses selesai dan pilih opsi “Reboot System Now” untuk merestart HP Xiaomi.
  5. Factory Reset Jika semua cara di atas tidak berhasil memperbaiki masalah layar tidak bisa disentuh pada HP Xiaomi kamu, cara terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan mengembalikan HP Xiaomi ke pengaturan pabrik. Namun, sebelum melakukan langkah ini, pastikan kamu telah mem-backup data penting kamu. Berikut adalah langkah-langkahnya:
    • Masuk ke menu Settings pada HP Xiaomi kamu.
    • Pilih opsi “Additional Settings”.
    • Pilih opsi “Backup and Reset”.
    • Pilih opsi “Factory data reset” dan tekan tombol “Reset Phone”.
    • Tunggu hingga proses selesai.

Cara Memperbaiki HP Vivo yang Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali

Jika kamu memiliki HP Vivo dan mengalami masalah layar yang tidak bisa disentuh sama sekali, jangan khawatir karena ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memperbaikinya. Berikut ini adalah beberapa cara memperbaiki HP Vivo yang tidak bisa disentuh sama sekali:

Share:

Related Post

Leave a Comment