Indonesia Adventure Race 2023: Menjelajahi Keindahan Alam Pangandaran dan Mendorong Ekonomi Lokal

Admin

0 Comment

Link

BERITALOGIKemenparekraf/Baparekraf mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam “Indonesia Adventure Race (IAR)” pada 1-3 Desember 2023, di Pangandaran, Jawa Barat. Acara ini bukan hanya tentang olahraga petualangan, tetapi juga merupakan kesempatan untuk menjelajahi destinasi pariwisata luar biasa Pangandaran.

Menyongsong Event Sport Tourism Berkualitas

Dalam upaya mengembangkan event sport tourism di Indonesia, Kemenparekraf/Baparekraf bersinergi dengan inisiator Wanadri, menghadirkan Indonesia Adventure Race. Vinsensius Jemadu, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan, menyatakan harapannya agar event ini dapat mendatangkan crowd dan memberikan dampak ekonomi signifikan, khususnya bagi sektor wisata.

Menjelajahi Keindahan Alam Pangandaran melalui Beberapa Cabang Olahraga

Indonesia Adventure Race tidak hanya sebuah kompetisi olahraga biasa. Lebih dari itu, kompetisi ini mengusung konsep petualangan alam, menampilkan panorama alam Pangandaran yang memukau. Cabang olahraga yang dilombakan melibatkan lari, sepeda, dayung, hingga tracking.

Kategori Perlombaan

Ketua Pelaksana Indonesia Adventure Race, Ilham Gumilang, menjelaskan bahwa event ini mengusung dua kategori perlombaan, yaitu Fun Adventure dan Extreme Adventure.

1. Fun Adventure

Fun Adventure dimulai dengan lari 5 kilometer, bersepeda 43 kilometer, dayung/lari 1,5 kilometer, bersepeda lagi 17 kilometer, dan diakhiri dengan lari/tracking 8 kilometer.

2. Extreme Adventure

Extreme Adventure melibatkan lari 12 kilometer, bersepeda 158 kilometer, dayung/lari 3 kilometer, bersepeda 8,5 kilometer, dan lari/tracking 18 kilometer.

Membangun Ekosistem Adventure Race di Indonesia

Ilham Gumilang menjelaskan bahwa tujuan awal dari event ini adalah membangun ekosistem adventure race di Indonesia. Negara-negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, Filipina, dan Brunei Darussalam telah memulai hal serupa lebih awal pada awal tahun 2000-an.

Informasi Pendaftaran

Bagi yang tertarik, informasi lebih lanjut mengenai tata cara pendaftaran dan biaya dapat diakses melalui akun Instagram resmi @iar.official.

Dukungan dari Penasehat Wanadri, Erry Riyana, dan Ketua Dewan Pengurus Wanadri, Ichwan Supria Nurhasan, turut menjadi bagian dari kesuksesan Indonesia Adventure Race. Mari berpartisipasi dalam event ini, menjelajahi keindahan alam, dan bersama-sama mendorong pertumbuhan ekonomi lokal!

Share:

Related Post

Leave a Comment