Kandang Peternakan Ayam Broiler di Banjar Terbakar, Ribuan Ayam Selamat dari Kebakaran

Admin

0 Comment

Link

BERITALOGI – Kandang peternakan ayam broiler yang dimiliki oleh Hada (63), seorang warga Rt 01/04 Dusun Cijurey, Desa Kujangsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, mengalami musibah kebakaran pada Selasa, 13 Juni 2023, sekitar pukul 22.50 WIB.

Peristiwa ini menyebabkan kandang ternak ayam broiler berukuran 30 x 6 meter tersebut hangus terbakar.

Informasi yang diterima dari Kepala Unit Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Banjar, Aam Amijaya, menjelaskan bahwa kebakaran terjadi sekitar pukul 22.50 WIB.

Pada saat kejadian, para warga tiba-tiba melihat api bergejolak dari kandang peternakan ayam tersebut. Api dengan cepat menjalar ke bagian atap kandang. Warga segera berusaha memadamkan api yang membesar tersebut.

“Ayam broiler yang berada di dalam kandang yang terbakar berjumlah sekitar 5.000 ekor, dengan usia baru tiga hari. Namun, beruntungnya, ribuan ekor ayam tersebut berhasil selamat dari kebakaran,” ujar Aam.

Aam menyatakan bahwa pihaknya masih belum dapat memastikan penyebab terjadinya kebakaran tersebut. Saat kejadian, petugas pengelola yang biasanya berjaga di kandang sedang pulang ke rumahnya.

Disamping itu, terdapat jarak yang cukup jauh, sekitar 20 meter, antara tempat penghangat ayam (pengovenan) dengan kandang peternakan ayam. Oleh karena itu, belum dapat dipastikan titik awal munculnya api.

“Dalam upaya membantu warga memadamkan api, pihak Damkar Kota Banjar segera mengerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran. Proses penanganan kebakaran berhasil diselesaikan pada pukul 23.55 WIB,” tambahnya.

Dampak dari kejadian ini, lanjut Aam, pemilik peternakan mengalami kerugian materi sebesar Rp 15 juta, karena sebagian kandang ayam ikut terbakar. Namun, ayam-ayam yang berada di bagian yang tidak terkena api berhasil selamat dari bencana tersebut.

“Dengan demikian, kebakaran yang terjadi di kandang peternakan ayam broiler di Banjar ini menyebabkan kerugian materi bagi pemilik, tetapi sebagian besar ayam yang berada di dalam kandang berhasil selamat dari kejadian tersebut,” pungkasnya.

Share:

Related Post

Leave a Comment