Ketahui Seluk Beluk Tentang Keramik Dinding Rumah

Admin

0 Comment

Link

BERITALOGI – Keramik tidak hanya dipasang untuk memperindah lantai rumah Anda, tetapi juga bisa dipasang di dinding rumah. Untuk Anda yang biasa memasang wallpaper pada dinding rumah, Anda bisa mencoba untuk memasang dinding rumah dari bahan keramik.

Keramik pada dinding sudah banyak memiliki motif dan warna yang bagus dan indah. Jadi, sudah banyak banyak pilihan yang bisa Anda pilih sesuai dengan interior rumah agar terlihat serasi.

Sebelum Anda memutuskan untuk memasang dinding keramik, ketahui dulu apa yang membedakan keramik dinding dan lantai serta kelebihan dan kekurangan memasang dinding keramik untuk hunian Anda.

Perbedaan Keramik Dinding dan Lantai

Perbedaan yang paling utama dari keramik pada dinding dan lantai adalah berat pada masing-masing keramik. Pada keramik lantai, keramik ini memiliki fungsi untuk menahan beban serta lebih tebal. Sedangkan pada keramik dinding, hanya untuk mendekorasi ruangan dan keramik yang digunakan lebih tipis agar mudah menempel di dinding.

Pada keramik lantai, permukaannya didesain khusus untuk lebih kasar karena berfungsi untuk mengurangi resiko terpeleset dan tergores. Sedangkan keramik dinding, permukaan didesain agar licin dan mengkilap agar memudahkan untuk dibersihkan.

Kelebihan Dinding Keramik

Keramik pada dinding memiliki beberapa kelebihan, diantaranya:

1. Mudah dibersihkan

Keramik dinding mudah dibersihkan karena permukaannya yang licin dan mengkilap. Anda cukup menggunakan air dan pembersih lantai untuk membersihkannya sampai dinding kembali bersih dan mengkilap.

2. Lebih tahan lama

Proses pembuatan keramik yang dibakar lebih dari 1200° C membuat keramik menjadi lebih tahan lama dibandingkan dengan wallpaper atau cat.

3. Tidak perlu dihaluskan

Dnding yang akan dicat pada umumnya akan dihaluskan lagi dengan aci, tetapi hal ini tidak perlu jika Anda menggunakan keramik.

Kekurangan Dinding Keramik

Setiap ada kelebihan pasti selalu ada kekurangan, apa saja kekurangan atau kelemahan menggunakan keramik pada dinding?

1. Lebih mahal

Anda yang tidak memiliki budget lebih untuk mendekor rumah, tidak disarankan untuk menggunakan keramik pada dinding. Harganya mencapai Rp 50.000 sampai Rp 60.000 per meter persegi. Jadi, wallpaper dan cat dinding bisa menjadi pilihan alternatif.

2. Memerlukan keahlian khusus

Pemasangan keramik dinding dianggap lebih sulit dibandingkan memasang keramik pada lantai karena dipasang di dinding yang tegak lurus dan memerlukan ketelitian agar dapat dipasang lurus dan rapi.

3. Memerlukan waktu lebih lama

Karena pemasangan yang membutuhkan keahlian khusus tersebut, maka waktu yang dibutuhkan pun akan lebih lama dibanding wallpaper atau cat.

Motif-Motif Keramik Dinding Luar

Setelah mengetahui tentang keramik pada dinding dan telah memutuskan untuk memasangnya, Anda juga wajib mengetahui motif-motif keramik dinding luar yang bisa Anda pasang di kamar mandi, ruang tamu, teras dan dapur.

Sudah banyak motif-motif keramik dinding luar yang tersedia di pasaran, tentu akan memperindah rumah Anda, seperti di bawah ini.

1. Motif Dinding Luar Batu Alam

Motif keramik dinding luar yang pertama adalah batu alam. Batu-batu alam seperti andesit, granit, marmer, slate, dan limestone. Motif tersebut sangat cocok untuk Anda gunakan untuk memperindah area-area tertentu.

Keramik dinding batu slate dan limestone bisa Anda gunakan di area luar rumah atau outdoor, seperti teras dan pagar, sedangkan motif granit dan marmer, cocok untuk daerah indoor, seperti ruang tamu.

2. Motif Dinding Luar Herringbone

Pola yang sering dipakai untuk bahan kayu ini merupakan motif berbentuk persegi panjang pada umumnya, tetapi keramik dinding akan dipasang secara teratur dalam formasi silang.

Tidak hanya kayu, keramik dinding biasa pun akan terlihat indah dan jika menggunakan pola ini sebagai aksen dekoratif untuk ruang tamu, teras, dan ruangan lain.

3. Motif Dinding Luar Kayu

Selain motif batu alam, Anda bisa memilih motif kayu untuk diaplikasikan ke dinding rumah Anda untuk memberi kesan alam dan hangat.

Anda bisa memasang warna kayu yang berbeda sekaligus, seperti coklat muda, coklat tua, atau warna yang lebih terang terhadap keramik Anda agar dinding terlihat lebih bagus dan estetik.

4. Motif Dinding Luar Metro

Pola metro tercipta karena terinspirasi oleh dinding stasiun kereta bawah tanah kota London dan New York pada awal abad 20an. Meskipun terdengar kuno, warna yang digunakan bisa membuat pola ini memiliki tampilan yang modern.

5. Motif Dinding Luar Hexagon

Motif keramik dinding berpola segi enam alias hexagon bisa menjadi pilihan jika Anda menyukai gaya klasik atau vintage. Warna terang pada keramik dinding ini akan cocok dan bagus pada dapur, teras, dan kamar mandi.

6. Motif Dinding Luar ala Batu Bata

Pola keramik dinding luar selanjutnya adalah batu bata. Untuk Anda yang ingin kembali menghidupkan konsep rumah tradisional di Indonesia, Anda bisa mengaplikasikan keramik dinding bermotif batu bata ini.

Keramik dinding ala batu bata sangat sesuai diaplikasikan di dalam ruangan atau luar ruangan, seperti ruang tamu dan teras rumah.

7. Motif Dinding Luar Custom

Bosan dengan motif yang itu-itu saja? Anda bisa memesan keramik dinding ala custom atau dapat dipesan sesuai keinginan Anda. Tidak hanya motif, tetapi warna juga bisa Anda sesuaikan dengan hunian.

8. Motif Dinding Luar Kaca

Bahan kaca bisa Anda jadikan alternatif pilihan untuk memperindah dinding ruangan rumah Anda. Kaca memiliki tampilan yang berkilau sehingga membuat ruangan menjadi lebih bersinar dan indah.

Bahan ini akan lebih bagus jika dipasang hanya sebagian atau daerah yang ingin Anda tonjolkan dan akan sangat cocok Anda aplikasikan di ruangan indoor, seperti kamar mandi atau ruang tamu.

9. Motif Dinding Luar Etnik

Pola ini bisa Anda manfaatkan karena memiliki beragam motif dan warna-warna yang unik. Untuk warna yang cerah dan dinamis, Anda bisa memasang pola batik atau Moroccan.

Pola ini juga cocok untuk Anda yang memiliki furnitur bermotif dan berwarna simple karena keramik dinding ini memiliki gambar dan warna yang padat dan ramai.

10. Motif Dinding Luar Monokrom

Pola keramik dinding luar terakhir ini sangat cocok untuk Anda yang bosan akan warna terang sebagai warna utama keramik. Sebab, motif ini akan memadukan warna putih dan hitam layaknya papan catur yang bisa Anda susun sedemikian rupa.

Keramik dinding monokrom akan sangat cocok Anda gunakan di kamar mandi atau dapur rumah Anda.

Di atas merupakan beberapa perbedaan, kelebihan dan kekurangan serta motif-motif dari keramik dinding terbaru yang bisa Anda pilih untuk mendekor rumah Anda. Pemilihan ukuran, bahan, warna, dan motif yang tepat dapat menambah keindahan serta kenyamanan Anda dan keluarga.

 

Oleh karena itu, konsultasikan terlebih dahulu kepada tukang atau mandor yang berpengalaman dan sesuaikan konsep rumah agar motif dan warna keramik dinding Anda tidak saling bertabrakan.

Share:

Related Post

Leave a Comment