Pengertian dan Cara Login ke cPanel

Admin

0 Comment

Link

BERITALOGI Apa Itu cPanel? Pengertian dan Cara Login ke cPanel, bagi pemula yang baru akan membuat website pastinya bertanya-tanya mengenai, apa itu cPanel? Setidaknya hingga sekarang, cPanel telah menjadi standar kontrol panel yang populer untuk mengelola website.

Selain cPanel, tentu masih ada alternatif lain yang bisa kita gunakan untuk mengelola website seperti DirectAdmin, Plesk dan lain sebagainya. Tetapi, bagi pemula tetap disarankan untuk menggunakan cPanel terlebih dahulu karena kemudahannya dalam hal manajemen.

Apa itu cPanel?

Sebelum kalian memutuskan untuk menggunakan cPanel, terlebih dahulu kalian harus mengetahui pengertian cPanel. Terlebih bagi pemula yang baru pertama kali menggunakan hosting cPanel di dunia web hosting.

cPanel adalah sebuah aplikasi berbasis web yang digunakan untuk mengelola dan mengontrol server web. Dengan cPanel, kalian dapat mengatur berbagai aspek dari web hosting kalian melalui antarmuka pengguna yang mudah digunakan.

Kelebihan cPanel

  • Mudah digunakan.
  • Mudah dipelajari.
  • Hemat waktu dan biaya.
  • Memiliki auto installer.
  • Tersedia banyak tutorial dan panduan online.

Kekurangan cPanel

  • Harga lisensi yang mahal untuk tipe hosting non-shared.
  • Fitur terlalu banyak sehingga berpengaruh terhadap performa.
  • Beberapa perangkat lunak di dalamnya tidak dapat diperbarui.

Cara Login ke cPanel

Cara login cPanel terbilang cukup mudah, kita hanya perlu menggunakan alamat tertentu dan bersifat rahasia. Informasi login ke cPanel biasanya otomatis terkirim ke email pengguna setelah order hosting cPanel telah dibayar.

Sebagai contoh, berikut user id dan password yang otomatis terkirim ke email kalian yang bisa untuk digunakan login ke cPanel.

Apa Itu cPanel? Pengertian dan Cara Login ke cPanel

Untuk mengakses cPanel, umumnya kita dapat menambahkan kata “/cpanel” di akhir nama domain Contohnya seperti https://namadomain.com/cpanel. Selain itu, kita bisa juga menggunakan port yang diberikan. Bisa menggunakan port 2083 / 2082. Contohnya seperti https://namadomain.com:2083 atau https://namadomain.com:2082.

Berikut adalah tampilan halaman login cPanel saat kalian mengakses cPanel. Pastikan untuk menggunakan user id dan password dengan benar yang sesuai diberikan oleh pihak web hosting yang kalian gunakan.

Apa Itu cPanel? Pengertian dan Cara Login ke cPanel

Apabila kalian berhasil login ke cPanel, maka akan diarahkan ke halaman utama cPanel. Di sini terdapat beberapa fitur utama yang telah diringkas dalam beberapa kategori sehingga lebih mempermudah dalam mengelola website.

Apa Itu cPanel? Pengertian dan Cara Login ke cPanel

Nah, karena saking banyaknya fitur di cPanel maka penjelasan mengenai fungsi-fungsi yang di cPanel telah saya buatkan artikel secara terpisah yang bisa kalian baca pada artikel 12 Fitur Utama cPanel yang Penting Kamu Ketahui.

Kesimpulan

Demikian artikel kali ini, mengenai apa itu cPanel? pengertian hingga cara login ke cPanel. Perlu digarisbawahi, bahwa cPanel merupakan kontrol panel hosting web yang paling populer dan banyak digunakan di dunia.

Sehingga, banyak perusahaan web hosting yang menyediakan akses cPanel kepada pelanggan mereka untuk memudahkan pengelolaan dan administrasi situs web.

 

Share:

Related Post

Leave a Comment