Resep Masakan Tahu Asam Manis, Masakan Sederhana yang Enak dan Disukai Banyak Orang

Admin

0 Comment

Link

BERITALOGIResep masakan tahu asam manis ini seakan ingin membuktikan bahwa bahan tahu yang identik dengan harga murah tetapi disukai banyak orang. Ternyata tahu seperti itu juga bisa dimasak dengan berbagai bumbu yang salah satunya asam manis.

Resep masakan tahu asam manis

Pada Resep masakan tahu asam manis ini juga ingin membuktikan bahwa saus asam manis yang biasanya dimasak dengan protein hewani, seperti beragam seafood, ikan air tawar, daging ayam, dan lain sebagainya. Ternyata jenis saus ini juga bisa dikombinasikan dengan tahu untuk dimasak menjadi kuliner yang enak rasanya.

Anda sekalian yang ingin coba mencicipi masakannya silahkan memasaknya di rumah. Lagipula, sepertinya jarang atau bahkan tidak ada warung atau rumah makan yang menjual masakan tersebut. lalu, bagaimana resep tahu asam manis yang benar-benar direkomendasikan? Berikut uraian selengkapnya.

Bahan-bahan

  1. 2 buah tahu putih ukuran sedang atau besar dicincang kasar
  2. 2 butir telur ayam
  3. 2 helai daun bawang dipotong kecil
  4. 1 sendok makan tepung sagu dilarutkan ke dalam 2 sendok makan air
  5. ½  sendok teh garam
  6. ½ sendok teh kaldu bubuk
  7. ¼ sendok teh merica bubuk
  8. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Bahan saus asam manis

  1. 5 sendok makan saus tomat
  2. 100 ml air matang
  3. 100 ml sari jeruk manis
  4. 2 cm jahe digeprek
  5. 2 sendok makan gula pasir
  6. 1 sendok makan tepung maizena dilarutkan dengan sedikit air
  7. Kacang polong secukupnya

Cara memasak tahu asam manis

Setelah semua bahan diatas disediakan lengkap, silahkan Anda mulai mempraktikka cara memasak resep tahu asam manis dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Siapkan mangkuk, lalu masukkan telur ayam yang sudah disiapkan dan kocok lepas saja. Setelah itu, tambahkan tepung terigu, garam, kaldu bubuk, dan merica bubuk. Aduk merata.
  2. Masukkan juga tahu putih dan potongan daun bawang. Aduk merata lagi. Sisihkan dulu adonannya.
  3. Sementara untuk membuat saus asam manis caranya sebagai berikut. Siapkan wajan teflon kecil, lalu panaskan dengan api kompor kecil saja.
  4. Masukkan ke dalamnya saus tomat, air matang, sari jeruk manis, gula pasir, dan jahe. Aduk perlahan dan masak hingga mendidih.
  5. Tambahkan larutan maizena dan aduk hingga mengental sausnya. Tambahkan kacang polong dan aduk sebentar. Silahkan mencicipi sedikit saus asam manis tersebut. Jika sudah enak rasanya, matikan kompor dan sisihkan dulu.
  6. Langkah berikutnya, panaskan wajan penggorengan dan beri minyak secukupnya untuk menggoreng adonan tahu telur. Pastikan minyak sudah panas, lalu tuangkan adonan ke dalam wajan.
  7. Masak dan ratakan adonannya hingga berwarna kecoklatan. Jangan lupa dibolak-balik agar kematangannya merata. Setelah matang, angkat dan tiriskan dulu.
  8. Siapkan sebuah piring saji untuk plating, lalu letakkan tahu telur yang sudah matang diatasnya. Jika ukurannya cukup besar, Anda bisa memotongnya menjadi beberapa bagian. Setelah itu, tuangkan saus asam manis yang sudah matang diatas tahu telur.

Cukup mudah bukan memasaknya? Resep masakan tahu asam manis tersebut bisa disantap dengan nasi putih hangat. Selamat mencobanya di rumah.

Share:

Related Post

Leave a Comment