Resep Rujak Cingur Khas Surabaya Dijamin Autentik dan Cocok di Lidah

Admin

0 Comment

Link

BERITALOGIApakah Anda sudah mengenal resep rujak cingur khas Surabaya, Jawa Timur? Rujak cingur yang benar-benar autentik karena memakai bahan pisang batu dan bumbu petis. Selain itu, cingurnya juga empuk dan tidak berbau.

Ditambah beragam sayuran segar, seperti kangkung, kacang panjang, touge, dan mentimun. Semuanya dibuat rujak dengan bumbu kacang tanah dan petis. Dijamin rasanya mantul dan sedap.

Mungkin rujak cingur seperti itu hanya bisa didapatkan di Surabaya dan sekitarnya saja. Namun demikian, Anda tidak perlu jauh jauh berkunjung kesana hanya untuk membeli rujak cingur khas Surabaya.

Resep rujak cingur

Anda bisa membuatnya di rumah dengan bahan dan bumbu mudah didapatkan. Berikut resep rujak cingur selengkapnya yang harus Anda baca terlebih dulu.

Bahan rujak cingur

  1. 300 gram cingur sapi segar direbus hingga empuk lalu dipotong dadu
  2. 100 gram kangkung disiangi, dicuci, lalu direbus
  3. 100 gram kacang panjang disiangi, dicuci, lalu direbus
  4. 100 gram touge diseduh air panas lalu ditiriskan
  5. 150 gram tempe digoreng lalu dipotong dadu
  6. 150 gram tahu putih digoreng lalu dipotong dadu
  7. 1 buah mentimun dikupas lalu dipotong tipis
  8. 1 buah bengkuang dikupas lalu dipotong-potong
  9. 5 buah kerupuk mi putih siap saji
  10. 3 buah pisang batu mentah dipotong-potong

Bumbu kacang

  1. 100 gram kacang tanah digoreng matang
  2. 2 buah cabai merah besar
  3. 5 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  4. 1 sendok makan terasi
  5. 2 sendok makan petis udang
  6. 2 sendok makan gula Jawa
  7. Air matang secukupnya

Cara membuat rujak cingur

Setelah semua bahan dan bumbu diatas disediakan lengkap, Anda dapat segera mempraktikkan resep rujak cingur dengan cara membuatnya sebagai berikut.

  1. Siapkan cobek ukuran sedang atau besar, lalu uleg dulu kacang goreng hingga lebut. Tambahkan semua cabai, terasi, petis udang, dan gula jawa. Uleg lagi hingga semua tercampur.
  2. Tambahkan sedikit air agar saus kacangnya agar kekentalannya pas. Silahkan dicicipi sedikit saus kacangnya untuk mengkoreksi rasanya.
  3. Setelah itu, masukkan satu per satu semua bahan rujak yang sudah disiapkan ke dalam cobek. Jangan lupa potongan cingur sapi dan pisang batu juga dimasukkan. Aduk merata dengan saus kacangnya.
  4. Siapkan 1 – 2 piring saji untuk plating, lalu tuangkan rujak cingur yang sudah jadi diatasnya. Rujak cingur siap disantap.

Cukup mudah bukan membuat rujak cingur? Anda yang belum pernah mencicipinya dan sangat penasaran dengan rasanya. Silahkan segera mencoba resep rujak cingur diatas. Dijamin rasanya mantap, segar, dan tetap mengenyangkan.

Share:

Related Post

Leave a Comment