Tahan Bocor, Berikut Jenis Talang Air Rumah yang Direkomendasikan

- Redaktur

Jumat, 14 Juli 2023 - 12:56 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tahan Bocor, Berikut Jenis Talang Air Rumah yang Direkomendasikan

Tahan Bocor, Berikut Jenis Talang Air Rumah yang Direkomendasikan

BERITALOGI – Pemilihan talang air yang tepat merupakan solusi untuk menghindari masalah kebocoran rumah di kemudian hari. Meskipun terlihat sepele, talang air memiliki peran yang sangat penting bagi sebuah bangunan. Ketika hujan, talang air berfungsi untuk membuat air hujan mampu mengalir ke tempat pembuangan sehingga menghasilkan sirkulasi yang baik. Tanpa talang air, rumah menjadi cepat rusak karena lembab.

Tidak jarang dinding atau plafon rumah menjadi rembes saat hujan deras. Umumnya hal ini dikarenakan talang air yang tidak berfungsi dengan baik atau bahkan tidak ada sama sekali. Padahal curah hujan di Indonesia cukup tinggi, sehingga berisiko membuat rumah cepat lapuk akibat rembesan atau kebocoran yang terjadi saat hujan.

Untuk itulah, Anda memerlukan talang air yang tepat dari segi fungsi maupun bentuk guna meminimalisir risiko diatas. Pada artikel ini akan dibahas lengkap mengenai apa itu talang air, jenis talang air rumah serta cara memilih talang air yang tepat. Berikut ulasannya.

Pengertian Talang Air

Seperti yang sedikit disinggung diatas, talang air merupakan sebuah pipa yang dibuat sebagai jalan air hujan untuk jatuh ke aliran yang tepat, seperti saluran khusus hujan, sumur resapan, atau tempat penampungan hujan. Tujuannya adalah agar air hujan yang turun tidak langsung mengenai plafon dan dinding rumah.

Air hujan yang turun dan mengenai dinding rumah dapat mengakibatkan rembesan dan kebocoran yang berujung pada kerusakan rumah. Tampilan rumah akan menjadi tidak menarik dalam beberapa tahun kedepan jika hal ini terjadi. Selain itu, aliran hujan yang tidak terkontrol bisa menyebabkan korsleting listrik pada bagian dalam plafon.

Fungsi dan Kegunaan Talang Air

Fungsi utama dari talang air adalah menahan rembesan air hujan yang mengalir agar tidak mengenai dinding dan plafon rumah. Selain itu, talang air juga dapat mempercantik eksterior rumah dengan berbagai pilihan desainnya.

Jadi meskipun kerap disepelekan, peranan talang air sangat besar. Terlebih bagi Anda yang mendambakan rumah terlihat apik dan enak dipandang, maka memasang talang air yang tepat adalah sebuah keharusan.

BACA JUGA :   Ide Desain Kamar Tidur Anak Laki-Laki yang Kreatif

Jenis Talang Air

Setelah mengetahui fungsi utama talang air di rumah, selanjutnya Anda perlu memutuskan jenis talang air mana yang akan Anda gunakan di rumah. Berikut ini model dan jenis talang air yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.

1. K Style

Salah satu jenis talang air rumah yang bagus dan populer adalah talang air K style. Talang air ini dapat menampung air hujan lebih banyak dibandingkan dengan model talang air lainnya. Itulah mengapa talang air ini sangat cocok untuk Anda yang tinggal di daerah dengan curah hujan tinggi.

Selain itu, talang air K style juga memiliki dekorasi serta bentuk yang cantik sehingga cocok digunakan pada rumah modern minimalis. Untuk memperlihatkan kesan minimalis, sebaiknya Anda memasang talang air K style di sudut rumah.

2. Victorian

Jenis talang air yang kedua adalah talang air bergaya Victorian. Talang air ini dirancang khusus untuk rumah bergaya klasik tradisional. Talang air Victorian memiliki tampilan yang unik namun terkesan elegan dan mewah.

Perawatan talang air Victorian tergolong mudah dengan bahan aluminium yang minimalis. Meskipun demikian, tidak semua rumah cocok menggunakan talang air jenis ini karena bentuknya yang dangkal. Untuk mencegah rembesan dan kebocoran, talang air ini direkomendasikan untuk rumah yang sedikit mungil.

3. Half Round

Half round merupakan jenis talang air yang menyerupai bentuk U. Talang air ini memiliki perawatan yang cukup mudah karena dapat dibersihkan dalam waktu singkat. Hal ini didukung oleh bentuk talang yang mirip dengan bentuk tabung yang dibagi menjadi dua bagian.

Jenis talang half round direkomendasikan untuk rumah bergaya modern. Dengan menggunakan talang air tipe ini, rumah Anda akan terhindar dari kebocoran akibat hujan deras.

Material Talang Air

Selanjutnya mungkin Anda bertanya-tanya, material apa saja yang dapat dijadikan bahan untuk membuat talang air rumah. Nah, berikut ini akan kami jelaskan mengenai material apa saja yang paling kerap digunakan untuk membuat talang air anti bocor.

1. PVC

Talang air yang terbuat dari bahan PVC cukup ringan sehingga mudah dipotong dan dipasang. Bahkan tanpa memanggil tukang sekalipun, Anda dapat memotong dan memasang pipa talang sendiri. Harga talang air PVC tergolong murah dan terjangkau. Meskipun demikian, talang air rumah ini tetap kokoh dan tidak mudah korosi.

BACA JUGA :   Mendesain Rumah Sederhana Menjadi Nyaman

2. Aluminium

Material talang air rumah yang kedua adalah aluminium. Aluminium merupakan bahan untuk membuat talang air yang kerap digunakan karena ringan, tidak mudah berkarat, dan mudah dipasang. Talang air aluminium dapat mempercantik rumah karena umumnya talang air ini tidak dibiarkan polos begitu saja. Anda dapat menambahkan warna cat pada talang air jenis ini sesuai dengan selera.

3. Galvalum

Talang air dari bahan galvalum sangat kuat, kokoh, dan anti karat. Galvalum merupakan kombinasi baja, seng, dan aluminium sehingga dapat memperkokoh bangunan yang terkena air hujan. Meskipun demikian, performa Galvalum sangat tergantung pada dimana lokasi Anda tinggal. Talang air jenis ini dapat bertahan lama di lokasi tertentu. Bahkan pada beberapa tempat, talang air galvalum dapat kokoh dan bertahan lebih lama dibanding lokasi yang lain.

4. Copper

Berikutnya, ada juga talang air rumah yang terbuat dari bahan copper. Copper atau yang lebih dikenal dengan tembaga bersifat tahan karat. Selain itu, talang air copper juga terlihat lebih menarik jika Anda sudah menggunakannya dalam waktu lama. Inilah yang membuat talang air dari bahan copper direkomendasikan bagi Anda yang menginginkan tampilan rumah lebih menawan.

5. Galvanized steel

Material lain yang kerap dipakai untuk membuat talang air adalah galvanized steel. Talang air dengan bahan ini tergolong kuat dan kokoh. Sayangnya, talang ini mudah berkarat jika sudah penyok atau rusak. Jadi talang dari jenis galvanized steel harus segera diperbaiki jika penyok, rusak, atau tergores. Tak hanya itu, talang air galvanized steel juga harus dibersihkan secara berkala agar tidak tersumbat.

6. Zinc

Talang air yang terbuat dari zinc umumnya lebih tahan lama dan awet. Oleh karena itu, talang air jenis ini sangat cocok untuk penggunaan jangka panjang. Talang air dari zinc juga biasanya diberi campuran titanium dan tembaga yang membuat talang ini semakin kokoh.

Itulah beberapa jenis talang air berdasarkan material serta kegunaannya yang perlu Anda tahu. Anda bisa memilih jenis talang air yang tepat sesuai dengan kondisi rumah dan kebutuhan Anda. Mengingat fungsi dan kegunaannya yang sangat penting, pastikan talang air terbuat dari bahan yang berkualitas. Semoga bermanfaat, ya!

Berita Terkait

Kisah Sukses Wanita Tangguh Mantan TKW: Dari TKW Hongkong hingga Pemilik Usaha Basreng yang Laris Manis di Indonesia
Desain Rumah Modern Eksterior Hitam Putih 150m2 dengan Penataan Rapi Banyak Bukaan
Sloof: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menghitung Strukturnya
11 Rekomendasi Model Tangga Mewah untuk Rumah Idaman Kamu
5 Inspirasi Model Kitchen Set Minimalis, Cantik dan Berkelas
Definisi, Contoh dan Cara Menghitung RAB Rumah & Bangunan
Panduan dalam Membeli Rumah DP 0 Rupiah
Tips Membuat Dapur Sederhana untuk Rumah Minimalis Anda

Berita Terkait

Kamis, 23 November 2023 - 15:55 WIB

Misteri Mimpi Bertemu Putri Duyung: Pertanda Baik atau Buruk?

Selasa, 26 September 2023 - 12:05 WIB

Cerkak Bahasa Jawa, Masih Tetap Bertahan dan Tak Tergerus Modernisasi Zaman

Sabtu, 23 September 2023 - 12:05 WIB

Pemberian Visa Kunjungan Merupakan Kewenangan dari Siapa?

Jumat, 22 September 2023 - 12:05 WIB

15 Aliran Seni Lukis Lengkap dengan Ciri-ciri dan Tokoh yang Mempopulerkannya

Kamis, 21 September 2023 - 12:05 WIB

5 Alasan Kenapa Naik Transportasi Shuttle itu Lebih Nyaman

Rabu, 20 September 2023 - 12:04 WIB

6 Masalah Kesehatan di Indonesia yang Sampai Sekarang Masih Ada

Selasa, 19 September 2023 - 12:26 WIB

6 Home Industri dengan Keuntungan Menjanjikan, Modal Minim dan Resiko Sangat Kecil

Selasa, 19 September 2023 - 11:39 WIB

5 Cara Menghindari Konflik Saat Liburan dengan Teman

Berita Terbaru

Pendidikan

Cara Mengatasi Kelemahan Problem Based Learning (PBL)

Jumat, 24 Nov 2023 - 10:59 WIB

Pendidikan

Cara Mengatasi Kelemahan dan Kelebihan PBL

Jumat, 24 Nov 2023 - 10:48 WIB