5 Fakta dan Kisah 3 Relawan Indonesia di RS Gaza yang Selamat dari Ancaman Konflik

Admin

0 Comment

Link

BERITALOGI – 5 Fakta dan Kisah 3 Relawan Indonesia di RS Gaza yang Selamat dari Ancaman Konflik, Tiga warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi relawan di Rumah Sakit (RS) Indonesia di Gaza, Palestina, baru-baru ini menghadapi ketegangan besar ketika hilang kontak setelah serangan Israel. Kabar yang menyebut mereka ditangkap oleh tentara Israel ternyata tidak benar. Berikut adalah perincian kejadian dan perkembangan terkini:

1. Awal Mula Hilang Kontak: Respons Pemerintah Indonesia

Setelah serangan Israel terhadap RS Indonesia di Gaza, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia menerima laporan bahwa tiga WNI relawan hilang kontak. Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, berupaya mencari informasi melalui berbagai saluran, termasuk menghubungi UNRWA dan badan bantuan kemanusiaan internasional.

2. Manfaatkan Gencatan Senjata untuk Pencarian Relawan

Dengan tercapainya kesepakatan gencatan senjata di Jalur Gaza, Indonesia menyambut baik langkah tersebut dan berkomitmen untuk memanfaatkannya dalam upaya pencarian tiga WNI yang masih berada di Gaza. Kementerian Luar Negeri RI menegaskan kesempatan ini sebagai Jeda Kemanusiaan untuk menelusuri keberadaan relawan di RS Indonesia.

3. Verifikasi Kabar Penangkapan oleh Israel

Beredar kabar bahwa tentara Israel menangkap WNI relawan di RS Indonesia Gaza. Kementerian Luar Negeri sedang melakukan verifikasi terhadap berita tersebut dengan berkoordinasi dengan pihak di Gaza. Jubir Kemlu, Lalu Muhamad Iqbal, menyatakan bahwa pihaknya sedang berupaya mencari kebenaran atas kabar tersebut.

4. Penegasan: Tidak Ada Penangkapan oleh IDF

Setelah verifikasi langsung ke sumber di Gaza, Jubir Kemlu RI memastikan bahwa ketiga WNI relawan RS Indonesia di Gaza tidak ditangkap atau ditahan oleh tentara Israel. Informasi terbaru menyebutkan bahwa ketiganya masih berada di rumah sakit dan dalam kondisi selamat.

5. Kondisi Terkini dan Keamanan Relawan

Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Indonesia membuka suara dan memastikan bahwa tiga WNI relawan di Gaza dalam kondisi selamat. Mereka saat ini sedang menunggu proses evakuasi bersama 600 warga lainnya dari RS Indonesia di Gaza menuju selatan Gaza.

Harapan untuk Keselamatan dan Evakuasi

Dalam kondisi rumah sakit yang berantakan akibat serangan Israel, relawan Indonesia menunjukkan keberanian dan keteguhan. Semua pihak berharap agar evakuasi berjalan lancar dan semua warga, termasuk relawan Indonesia, dapat selamat dari ancaman konflik di Gaza.

Share:

Related Post

Leave a Comment