7 Makanan yang Terbuat dari Tepung Ketan Dijamin Lezat

- Redaktur

Minggu, 14 Mei 2023 - 03:33 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

7 Makanan yang Terbuat dari Tepung Ketan Dijamin Lezat

7 Makanan yang Terbuat dari Tepung Ketan Dijamin Lezat

BERITALOGI – 7 Makanan yang Terbuat dari Tepung Ketan, Tepung ketan adalah bahan makanan yang populer di Indonesia dan digunakan dalam berbagai jenis hidangan, terutama makanan yang terbuat dari tepung seperti kue dan jajanan pasar. Tepung ketan dibuat dari beras ketan yang dihaluskan, yang memberikan tekstur yang kenyal dan khas pada makanan yang terbuat darinya.

Dalam artikel ini, kami akan membahas 7 makanan yang terbuat dari tepung ketan yang paling populer di Indonesia. Kami akan menjelaskan cara membuatnya, manfaatnya, dan juga menjawab beberapa pertanyaan umum tentang tepung ketan. Dengan begitu, diharapkan artikel ini dapat menjadi referensi bagi pembaca yang ingin mencoba membuat makanan dari tepung ketan atau ingin mengetahui lebih banyak tentang bahan makanan ini.

7 Makanan yang Terbuat dari Tepung Ketan Dijamin Lezat

Tepung ketan adalah salah satu bahan dasar yang sering digunakan dalam pembuatan makanan tradisional Indonesia. Tepung ketan ini memiliki tekstur yang kenyal dan khas yang membuat makanan yang terbuat dari tepung ketan menjadi sangat lezat. Tepung ketan juga memiliki kandungan gluten yang lebih rendah dibandingkan tepung terigu, sehingga makanan yang terbuat dari tepung ketan menjadi lebih mudah dicerna oleh tubuh.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Berikut ini adalah 7 makanan yang terbuat dari tepung ketan:

  1. Klepon
  2. Onde-onde
  3. Lepet
  4. Kue Lumpur
  5. Kue Lapis Ketan
  6. Serabi
  7. Kue Nagasari

Klepon

Klepon adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan gula merah yang telah dihaluskan. Adonan tepung ketan yang sudah dicampur dengan gula merah ini kemudian dibentuk menjadi bola kecil dan diisi dengan potongan kelapa parut. Klepon ini kemudian direbus hingga matang, kemudian dilumuri dengan kelapa parut yang telah diberi sedikit garam. Klepon sangat lezat dan kenyal, serta memiliki rasa manis yang khas karena menggunakan gula merah sebagai bahan pengisi.

BACA JUGA :   Cara Login WhatsApp Web dengan QR Code di www.whatsapp-web.com

Onde-onde

Onde-onde adalah makanan tradisional Indonesia lainnya yang terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan kacang hijau yang telah direbus dan dicampur dengan gula merah. Adonan tepung ketan yang sudah dicampur dengan kacang hijau dan gula merah ini kemudian dibentuk menjadi bola-bola kecil dan digoreng hingga matang. Onde-onde sangat lezat dan kenyal, serta memiliki rasa manis yang khas karena menggunakan gula merah sebagai bahan pengisi.

Lepet

Lepet adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari ketan yang telah direbus dan dicampur dengan santan kelapa. Adonan ketan yang telah dicampur dengan santan ini kemudian dibungkus dengan daun pisang dan direbus hingga matang. Lepet memiliki tekstur yang kenyal dan lembut, serta memiliki rasa yang gurih karena menggunakan santan kelapa sebagai bahan campurannya.

Kue Lumpur

Kue Lumpur adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan santan kelapa, gula, dan telur. Adonan kue lumpur kemudian dituangkan ke dalam loyang dan dibakar hingga matang. Kue lumpur memiliki tekstur yang kenyal dan lembut, serta memiliki rasa yang manis dan gurih karena menggunakan santan kelapa sebagai bahan campurannya.

Kue lapis ketan

Kue lapis ketan adalah salah satu jenis kue tradisional Indonesia yang terbuat dari bahan utama tepung ketan. Kue ini memiliki lapisan-lapisan yang terbuat dari campuran tepung ketan, gula merah, dan santan yang diolah dengan cara dipanggang secara bertahap.

Serabi

Serabi adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari campuran tepung beras, tepung ketan, santan, dan gula. Adonan tersebut dicetak menjadi ukuran kecil dan dipanggang di atas wajan datar yang diolesi dengan minyak goreng. Serabi biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut dan gula merah cair.

Kue Nagasari

Kue Nagasari adalah kue tradisional Indonesia yang biasa disajikan sebagai hidangan penutup atau camilan. Kue ini terbuat dari campuran tepung beras, tepung ketan, santan, gula, dan daun pandan sebagai pewangi. Adonan dimasukkan ke dalam daun pisang, kemudian dikukus hingga matang. Kue Nagasari biasanya disajikan dalam keadaan hangat, dengan taburan kelapa parut di atasnya.

BACA JUGA :   Resep dan Cara Membuat Bumbu Seblak Kuah yang Lezat

7 makanan yang terbuat dari tepung ketan ini sangat populer di Indonesia dan sering dijumpai di berbagai acara seperti pesta pernikahan, hari raya, atau acara keluarga. Dengan cara membuat yang sederhana dan bahan yang mudah didapatkan, kedua makanan ini sangat cocok untuk dicoba di rumah. Selanjutnya, kami akan membahas poin-poin penting tentang tepung ketan.

Poin-poin Penting tentang 7 makanan yang terbuat dari tepung ketan

Tepung ketan merupakan bahan makanan yang memiliki beberapa poin penting yang perlu diketahui. Berikut adalah beberapa poin penting tentang tepung ketan:

  • Tepung ketan berbeda dengan tepung terigu. Tepung ketan terbuat dari beras ketan yang dihaluskan, sementara tepung terigu terbuat dari gandum. Karena itu, tekstur dan sifat kedua jenis tepung ini berbeda.
  • Tepung ketan mengandung gluten. Meskipun bukan sebanyak tepung terigu, tepung ketan tetap mengandung gluten, sehingga tidak cocok untuk orang yang memiliki sensitivitas terhadap gluten.
  • Tepung ketan memiliki rasa yang manis dan lembut. Rasa dan teksturnya yang khas membuat tepung ketan sering digunakan dalam berbagai jenis hidangan, terutama makanan yang terbuat dari tepung.
  • Tepung ketan mengandung karbohidrat kompleks dan serat. Karena itu, makanan yang terbuat dari tepung ketan dapat memberikan energi yang tahan lama dan membantu menjaga pencernaan yang sehat.
  • Tepung ketan juga mengandung beberapa nutrisi seperti protein, vitamin B, dan zat besi. Namun, kadar nutrisinya bisa berkurang saat dimasak atau diproses menjadi makanan.
  • Tepung ketan dapat digunakan untuk berbagai jenis hidangan seperti kue, jajanan pasar, dan makanan berat seperti ketupat atau lontong. Tepung ketan juga dapat digunakan sebagai bahan pengental pada sup atau saus.

Dengan mengetahui poin-poin penting tentang tepung ketan, pembaca dapat lebih memahami sifat dan manfaat dari bahan makanan ini. Selanjutnya, kami akan menjawab beberapa pertanyaan umum tentang tepung ketan.

Berita Terkait

10 Olahan Tempe Masakan Sederhana Tapi Enak
9 Makanan Khas Jepang Paling Enak Dan Wajib Dicoba
Bumbu Ungkep Ayam Goreng Lengkuas: Resep dan Tips Memasak
Resep Sayur Asem: Makanan Tradisional yang Lezat dan Sehat
15 Rekomendasi Menu Masakan Khas Jawa Tengah Sehari-hari
14 Rekomendasi Menu Masakan Sunda Sehari-hari
Rekomendasi Makanan Khas Suku Bali: Nikmati Kelezatan Khas Bali
Resep dan Cara Membuat Bumbu Seblak Kuah yang Lezat

Berita Terkait

Rabu, 24 Mei 2023 - 20:11 WIB

Lirik Lagu Sheila On 7 Anugerah Terindah Yang Pernah Kumiliki

Selasa, 23 Mei 2023 - 14:17 WIB

Link Nonton Drama China The Love You Give Me Sub Indo

Selasa, 23 Mei 2023 - 14:07 WIB

Nonton Drama China You Are My Hero Sub Indo

Senin, 22 Mei 2023 - 19:31 WIB

5 Rekomendasi Drakor Tentang Dokter Bedah: Mengulas Kehidupan Para Dokter Bedah

Senin, 22 Mei 2023 - 19:23 WIB

Rekomendasi Film Korea Terbaik Action: Menikmati Aksi Seru di Layar Kaca

Minggu, 21 Mei 2023 - 14:33 WIB

Banjir Komentar Netizen Video Jimin BTS Melakukan Super Challange Bersama Dua Member SEVENTEEN,

Minggu, 21 Mei 2023 - 13:55 WIB

Bukan Karna Adanya Pihak Ketiga, Ini Alasan Sebenarnya Desta Gugat Cerai Natasha Rizki

Selasa, 16 Mei 2023 - 22:36 WIB

Lirik Lagu Bruno Mars When I Was Your Man

Berita Terbaru

Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar

Pendidikan

Materi Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar

Kamis, 1 Jun 2023 - 14:41 WIB

Arti Produksi dalam Arti Sempit Adalah

Pendidikan

Arti Produksi dalam Arti Sempit Adalah

Selasa, 30 Mei 2023 - 19:34 WIB