Cara Membuat Email Kustom di cPanel dengan Mudah

Admin

0 Comment

Link

BERITALOGI Cara Membuat Email Kustom di cPanel dengan Mudah, Salah fitur di cPanel yaitu kita dapat membuat email kustom pribadi dengan domain milik sendiri. Jika biasanya kita menggunakan email seperti user@gmail.com maka dengan cPanel kita bisa menggunakan email dengan namamu@domain.com

Perlu diketahui bahwa, beberapa provider atau penyedia layanan hosting memberikan batasan jumlah akun email dengan domain sendiri yang bisa dibuat. Oleh karena itu, pastikan hanya untuk membuat email sesuai dengan tujuan yang kalian miliki saja.

Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri

Sebelum kalian mengikuti tutorial membuat email dengan domain sendiri, pastikan kalian telah memiliki hosting cPanel dan domain TLD (Top Level Domain). Apabila sudah, berikut langkah- langkah membuat email dengan domain sendiri di cPanel dengan mudah.

1. Login ke cPanel

Untuk login cPanel, kita dapat menambahkan kata “/cpanel” di akhir nama domain, contohnya seperti https://namadomain.com/cpanel. Selain itu, kita bisa juga menggunakan port yang diberikan. Bisa menggunakan port 2083 / 2082, contohnya seperti https://namadomain.com:2083 atau https://namadomain.com:2082.

2. Pilih Menu Email

Apabila sudah berhasil login ke cPanel, silahkan buka menu email seperti yang terlihat pada gambar berikut.

Cara Membuat Email Kustom di cPanel dengan Mudah

3. Membuat Email Baru Kustom di cPanel dengan Mudah

Selanjutnya, untuk menambahkan alamat email dengan domain sendiri yang baru, maka silakan klik Create / Buat terlebih dahulu.

Cara Membuat Email Kustom di cPanel dengan Mudah

Setelah itu, masukkan nama pengguna dan kata sandi yang kalian inginkan untuk akun email kustom dengan domain sendiri. Khusus bagian Optional Settings lebih baik diabaikan saja, namun pada menu tersebut kalian dapat mengatur space mailbox yang diinginkan.

Cara Membuat Email Kustom di cPanel dengan Mudah

Kesimpulan

Cara Membuat Email Kustom di cPanel dengan Mudah dapat dilakukan Untuk mengakses email dengan domain sendiri yang telah dibuat, kalian dapat menggunakan fitur webmail di cPanel, silahkan login ke webmail melalui namadomainanda.com/webmail. Kemudian masukkan alamat email dan password yang telah kalian buat sebelumnya.

Nah, demikian tutorial cara membuat email kustom dengan domain sendiri di cPanel dengan mudah dan cepat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Share:

Related Post

Leave a Comment