Kapolres Banjar bersama Dandim 0613/Ciamis Berpartisipasi dalam Acara Hajat Bumi Masyarakat Adat Pulo Majeti

Admin

0 Comment

Link

BERITALOGIHajat Bumi yang digelar masyarakat adat Kampung Pulo Majeti Kecamatan Purwaharja Kota Banjar mendapat apresiasi dari Kapolres Banjar dan Dandim 0613 Ciamis.

Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo, mengatakan Hajat Bumi merupakan aset wisata di Kota Banjar. Terlebih, pelaksanaannya melibatkan pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM).

Dia yakin Hajat Bumi memberikan dampak terhadap peningkatan perekonomian pelaku UMKM di Kota Banjar yang saat ini masih terpuruk akibat pandemi Covid-19.

“Saat penampilan seni kebudayaan ditonton oleh anak-anak (pelajar, Red) sehingga bisa mengenalkan ke mereka tentang budaya yang ada di kita,” ujarnya, Senin 24 Juli 2023.

Dengan harapan, Hajat Bumi yang diadakan oleh masyarakat Kampung Pulo Majeti ke depannya ditunggu-tunggu oleh warga lainnya.

”Hajat Bumi ini bukan hanya hajatan masyarakat Pulo Majeti saja tapi masyarakat Kota Banjar,” tegasnya.

Sambung Kapolres, Hajat Bumi ini merupakan bentuk rasa syukur masyarakat Pulo Majeti dan melestarikan budaya tradisional yang ada di Kota Banjar.

Dandim 0613 Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfian Arisyandi, mengaku miris terhadap anak muda saat ini tidak mengenal budayanya sendiri.

“Budaya di kita mulai luntur, kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia,” jelasnya.

Dia meminta para penggiat budaya agar mengajak generasi muda lebih mencintai budayanya sendiri. Kalau bukan dari sekarang kapan lagi dilestarikan.
Karena generasi muda sekarang lebih mengenal dengan budaya dari luar dibandingkan budayanya sendiri sehingga perlu dikenalkan terus.

Kalau bukan kita siapa lagi dan kalau bukan dari sekarang kapan lagi, melestarikan budaya sendiri,” tegas dia.

Diberitakan sebelumnya, Memperingati Tahun Baru Islam, masyarakat adat Kampung Pulo Majeti Kelurahan Purwaharja Kota Banjar menggelar Hajat Bumi atau dikenal dengan istilah Ngabumi ke V.

Hajat Bumi digelar setiap tahunnya oleh masyarakat setempat secara gotong royong dengan tujuan untuk melestarikan adat istiadat dan nilai-nilai luhur yang telah diwariskan oleh para pendahulu.

Kawargi Adat Pulo Majeti Emed Setiawan mengatakan Hajat Bumi merupakan bentuk syukur atas hasil panen selama satu tahun dan berkomitmen untuk menjaga kelestarian sumber daya alam dan silaturahmi.

Hajat Bumi mengajak semua orang untuk membangun kehidupan sosial yang baik, melalui sikap saling menghormati dan membantu. Khususnya menjaga persatuan dan persaudaraan antar sesama manusia,” ucapnya Senin 24 Juli 2023.

Sambung dia, Hajat Bumi diselenggarakan selama 3 hari 3 malam mulai Ahad sampai Selasa 23 – 25 Juli 2023 dipusatkan di sekitar situs Pulo Majeti Kecamatan Purwaharja Kota Banjar.
Berbagai kegiatan diadakan seperti nyangkreub, mipit, seba, kirab, tari pohaci, pencak silat, debus, ronggeng, istighosah, sawala budaya, puisi dan lainnya.

Share:

Related Post

Leave a Comment