Wajib Bangga, Inilah 7 Tarian Daerah Sumatera Selatan yang Terkenal di Dunia

- Redaktur

Minggu, 28 Mei 2023 - 19:06 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Wajib Bangga, Inilah 7 Tarian Daerah Sumatera Selatan yang Terkenal di Dunia

Wajib Bangga, Inilah 7 Tarian Daerah Sumatera Selatan yang Terkenal di Dunia

BERITALOGI7 Tarian Daerah Sumatera Selatan yang Terkenal di DuniaTarian tradisional merupakan bagian penting dari budaya Indonesia. Setiap daerah di Indonesia memiliki keunikan dan kekayaan tarian tradisionalnya sendiri. Di Provinsi Sumatera Selatan, terdapat sejumlah tarian daerah yang terkenal di dunia. Tarian-tarian ini tidak hanya memperkaya warisan budaya Sumatera Selatan, tetapi juga menjadi daya tarik wisata yang menarik perhatian wisatawan dari berbagai belahan dunia. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi tujuh tarian daerah Sumatera Selatan yang telah mendunia dan menggambarkan keindahan serta keberagaman budaya Indonesia.

Tarian Daerah Sumatera Selatan yang Terkenal di Dunia

Tarian Pagar Pengantin

Tarian Pagar Pengantin adalah salah satu tarian tradisional Sumatera Selatan yang sangat terkenal. Tarian ini berasal dari daerah Pagaralam, Sumatera Selatan, dan sering dipentaskan dalam berbagai acara budaya, seperti pernikahan adat, festival seni, dan pertunjukan komunitas. Tarian Pagar Pengantin memiliki sejarah yang kaya dan memiliki makna yang mendalam.

Sejarah dan Makna Tarian Pagar Pengantin

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Tarian Pagar Pengantin diyakini berasal dari zaman Kerajaan Pagaralam yang berdiri pada abad ke-18. Tarian ini awalnya merupakan ritual untuk menyambut tamu agung dan menghormati pengantin yang akan menikah. Makna dalam tarian ini menggambarkan keindahan alam, rasa syukur, dan harapan akan kebahagiaan dalam pernikahan.

Gerakan dan Musik dalam Tarian Pagar Pengantin

Tarian Pagar Pengantin ditandai dengan gerakan yang elegan dan lemah gemulai. Gerakan-gerakan ini melambangkan keanggunan dan kelembutan seorang pengantin. Musik yang mengiringi tarian ini terdiri dari alat musik tradisional seperti gendang, seruling, dan gambus, yang menciptakan melodi yang merdu dan memukau.

Tarian Serimpi

Tarian Serimpi adalah salah satu tarian klasik dari Sumatera Selatan yang memiliki keanggunan yang khas. Tarian ini memiliki asal-usul dan signifikansi yang mendalam, serta memukau penonton dengan busana indah dan gerakan yang halus.

Asal-usul dan Signifikansi Tarian Serimpi

Tarian Serimpi berasal dari Kerajaan Palembang pada abad ke-17. Tarian ini awalnya dipentaskan di istana sebagai hiburan bagi para raja dan keluarga kerajaan. Serimpi memiliki makna yang melambangkan keindahan, kemurnian, dan kesucian, serta menjadi simbol keanggunan seorang putri.

BACA JUGA :   Download WhatsApp Plus APK Android V8.90 Versi Terbaru: Apa itu, Kelebihan, dan Fitur?

Karakteristik dan Busana dalam Tarian Serimpi

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Tarian Serimpi ditandai dengan gerakan yang lemah gemulai dan indah. Para penari mengenakan busana tradisional Jawa klasik yang terdiri dari kain batik dengan warna-warna cerah dan mahkota yang dihiasi dengan hiasan bunga dan perhiasan berharga. Kombinasi gerakan dan busana dalam Tarian Serimpi menciptakan penampilan yang megah dan mempesona.

Tarian Tanggai

Tarian Tanggai merupakan salah satu tarian tradisional Sumatera Selatan yang menggambarkan kehidupan masyarakat pesisir. Tarian ini memiliki latar belakang dan simbolisme yang kuat, serta diiringi oleh musik yang khas.

Latar Belakang dan Simbolisme Tarian Tanggai

Tarian Tanggai berasal dari daerah Banyuasin, Sumatera Selatan. Tarian ini menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat pesisir yang erat kaitannya dengan laut dan nelayan. Simbolisme dalam tarian ini mencerminkan kerja keras, kesederhanaan, dan kebersamaan dalam menjalani kehidupan di desa pesisir.

Iringan Musik dan Instrumen dalam Tarian Tanggai

Tarian Tanggai diiringi oleh musik yang berasal dari alat musik tradisional seperti gendang, kecrek, gambus, dan rebana. Melodi yang dihasilkan memberikan nuansa ceria dan riang kepada para penari dan penonton. Iringan musik yang khas menjadi identitas unik dari Tarian Tanggai.

Tarian Gandus

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Tarian Gandus adalah tarian tradisional Sumatera Selatan yang memiliki cerita dan perkembangan yang menarik. Tarian ini menampilkan gerakan-gerakan yang enerjik dan penuh semangat.

Cerita di Balik Tarian Gandus

Tarian Gandus terinspirasi dari cerita rakyat tentang seorang pahlawan yang berjuang melawan kekuatan jahat. Gerakan dalam tarian ini mencerminkan keberanian, ketangguhan, dan semangat juang yang tinggi. Tarian Gandus tidak hanya menghibur, tetapi juga memperkuat nilai-nilai kepahlawanan dan semangat gotong royong dalam masyarakat Sumatera Selatan.

Koreografi dan Perkembangan Tarian Gandus

Koreografi Tarian Gandus terdiri dari gerakan-gerakan lincah dan atraktif yang melibatkan gerakan kaki yang cepat, loncatan, dan gerakan tangan yang dinamis. Seiring perkembangan zaman, Tarian Gandus mengalami evolusi dalam hal gerakan dan kostum, namun tetap mempertahankan esensi dan pesan yang disampaikan.

Tarian Cokek

Tarian Cokek adalah salah satu tarian rakyat yang terkenal di Sumatera Selatan. Tarian ini menggambarkan keceriaan dan kehidupan sehari-hari masyarakat. Dengan musik yang riang, Tarian Cokek menjadi salah satu tarian yang paling disukai oleh penonton.

Sejarah dan Tema dalam Tarian Cokek

Tarian Cokek berasal dari zaman kolonial Belanda di Sumatera Selatan. Tarian ini menggambarkan interaksi sosial antara pria dan wanita dalam bentuk permainan dan perkenalan diri. Tema dalam tarian ini meliputi percintaan, keceriaan, dan kehidupan sehari-hari masyarakat.

Karakteristik dan Musik dalam Tarian Cokek

Tarian Cokek ditandai dengan gerakan yang riang dan menggembirakan. Para penari menggunakan kostum yang cerah dan berwarna-warni. Musik yang mengiringi Tarian Cokek terdiri dari alat musik tradisional seperti gambus, kecrek, dan gendang. Rhythm yang khas dan melodi yang ceria menciptakan atmosfer yang meriah dan menggugah semangat.

BACA JUGA :   iPhone 14: Harga Spesial di Bulan November 2023 Diskon Rp 2,5 juta, Cek Spesifikasi dan Harganya Disini

Tarian Bedana

Tarian Bedana merupakan tarian tradisional Sumatera Selatan yang memiliki keunikan dan makna yang mendalam. Tarian ini melibatkan gerakan yang khas dan kostum yang indah.

Keunikan dan Makna Tarian Bedana

Tarian Bedana memiliki keunikan dalam penggunaan kain songket yang indah dan penuh hiasan emas. Tarian ini melambangkan kekuatan, keindahan, dan kemewahan. Makna dalam tarian ini mencerminkan kejayaan dan kebanggaan masyarakat Sumatera Selatan.

Gerakan dan Kostum dalam Tarian Bedana

Gerakan dalam Tarian Bedana ditandai dengan langkah yang kuat, melompat, dan gerakan tangan yang berirama. Kostum yang digunakan terdiri dari baju panjang, selendang, dan sarung kain songket yang indah. Kombinasi gerakan dan kostum memberikan pesan yang kuat dan memikat kepada penonton.

Tarian Debus

Tarian Debus adalah tarian tradisional yang berasal dari Provinsi Banten, namun telah diadopsi dan menjadi populer di Sumatera Selatan. Tarian ini menampilkan keberanian dan kekuatan melalui gerakan-gerakan yang dinamis.

Asal-usul dan Fungsi Tarian Debus

Tarian Debus awalnya merupakan tarian yang dilakukan oleh para pejuang untuk membangkitkan semangat perang. Tarian ini kemudian menjadi bagian dari budaya masyarakat Sumatera Selatan dan dipentaskan dalam acara-acara besar dan perayaan adat. Tarian Debus menggambarkan keberanian dan kekuatan, serta menjadi simbol persatuan dan solidaritas dalam masyarakat.

Gerakan dan Ekspresi dalam Tarian Debus

Gerakan dalam Tarian Debus melibatkan serangkaian jurus bela diri, seperti pukulan dan tendangan, yang dilakukan dengan penuh kepercayaan diri dan ekspresi yang kuat. Penari menggunakan pakaian khas dan properti seperti pisau dan pecut untuk menambah dramatisasi dalam tarian ini.

Tarian Randai

Tarian Randai merupakan salah satu tarian tradisional Minangkabau yang juga dikenal dan dipentaskan di Sumatera Selatan. Tarian ini memiliki nilai-nilai budaya yang kaya dan menggambarkan kehidupan masyarakat Minangkabau.

Budaya dan Nilai-nilai dalam Tarian Randai

Tarian Randai mencerminkan kehidupan sehari-hari masyarakat Minangkabau, seperti kerja keras, kebersamaan, dan kekuatan komunitas. Tarian ini juga menggambarkan nilai-nilai keagamaan dan filosofi hidup yang dianut oleh masyarakat Minangkabau, seperti gotong royong dan rasa saling menghormati.

Pakaian dan Alat Musik dalam Tarian Randai

Para penari dalam Tarian Randai mengenakan pakaian adat Minangkabau yang indah, seperti baju kurung, sarung, dan hiasan kepala yang disebut “tangkai.” Alat musik yang mengiringi tarian ini terdiri dari saluang, talempong, dan gendang, yang menciptakan irama yang khas dan menggugah semangat.

Kesimpulan

Tarian daerah Sumatera Selatan memiliki kekayaan budaya yang luar biasa. Dari Tarian Pagar Pengantin yang elegan hingga Tarian Randai yang mempesona, setiap tarian memiliki cerita dan makna yang unik. Melalui gerakan-gerakan yang memukau dan musik yang merdu, tarian-tarian ini tidak hanya memperkaya budaya Sumatera Selatan, tetapi juga memperkenalkan keindahan budaya Indonesia kepada dunia. Jelajahi dan nikmati pesona tujuh tarian daerah Sumatera Selatan yang telah mendunia ini!

FAQ

  1. Apakah semua tarian daerah Sumatera Selatan memiliki cerita di baliknya?
    • Ya, hampir setiap tarian daerah Sumatera Selatan memiliki cerita dan makna yang mendalam.
  2. Apa yang membedakan Tarian Pagar Pengantin dengan tarian lainnya?
    • Tarian Pagar Pengantin memiliki gerakan yang lemah gemulai dan musik yang menggambarkan keindahan alam dan harapan akan kebahagiaan dalam pernikahan.
  3. Apa latar belakang Tarian Tanggai?
    • Tarian Tanggai berasal dari daerah Banyuasin, Sumatera Selatan, dan menggambarkan kehidupan masyarakat pesisir yang erat kaitannya dengan laut dan nelayan.
  4. Bagaimana Tarian Bedana menggambarkan kekuatan dan kebanggaan?
    • Tarian Bedana menggunakan kain songket yang indah dan gerakan yang kuat untuk melambangkan kekuatan dan kemewahan, serta menjadi simbol kejayaan dan kebanggaan masyarakat Sumatera Selatan.
  5. Dari mana asal-usul Tarian Debus?
    • Tarian Debus berasal dari Provinsi Banten, namun telah diadopsi dan menjadi populer di Sumatera Selatan sebagai tarian yang melambangkan keberanian dan kekuatan.

Berita Terkait

5 Fakta dan Kisah 3 Relawan Indonesia di RS Gaza yang Selamat dari Ancaman Konflik
Debut Gemilang Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024: Berada dalam Grup Tantangan Bersama Qatar, Australia, dan Yordania
Penetapan Tersangka Firli Bahuri: Presiden Jokowi Hormati Proses Hukum
Kontroversi Surat Lama Osama bin Laden Viral di TikTok: Dampak, Respon Pemerintah, dan Sejarah Kontroversial
Polres Banjar Turut Mengikuti Kegiatan Apel Siaga Bencana BBWS Citanduy Bersama Pemkot Banjar
Optimisasi Target Pendapatan PKB 2023: Kabupaten Pangandaran Menduduki Peringkat Tertinggi di Jawa Barat
Indonesia Adventure Race 2023: Menjelajahi Keindahan Alam Pangandaran dan Mendorong Ekonomi Lokal
Polda Metro Jaya Terus Mendalamkan Penyelidikan Kasus Pemerasan: Sorotan Terhadap Keterlibatan Pimpinan KPK Firli Baharudin

Berita Terkait

Kamis, 23 November 2023 - 15:55 WIB

Misteri Mimpi Bertemu Putri Duyung: Pertanda Baik atau Buruk?

Selasa, 26 September 2023 - 12:05 WIB

Cerkak Bahasa Jawa, Masih Tetap Bertahan dan Tak Tergerus Modernisasi Zaman

Sabtu, 23 September 2023 - 12:05 WIB

Pemberian Visa Kunjungan Merupakan Kewenangan dari Siapa?

Jumat, 22 September 2023 - 12:05 WIB

15 Aliran Seni Lukis Lengkap dengan Ciri-ciri dan Tokoh yang Mempopulerkannya

Kamis, 21 September 2023 - 12:05 WIB

5 Alasan Kenapa Naik Transportasi Shuttle itu Lebih Nyaman

Rabu, 20 September 2023 - 12:04 WIB

6 Masalah Kesehatan di Indonesia yang Sampai Sekarang Masih Ada

Selasa, 19 September 2023 - 12:26 WIB

6 Home Industri dengan Keuntungan Menjanjikan, Modal Minim dan Resiko Sangat Kecil

Selasa, 19 September 2023 - 11:39 WIB

5 Cara Menghindari Konflik Saat Liburan dengan Teman

Berita Terbaru

Pendidikan

Cara Mengatasi Kelemahan Problem Based Learning (PBL)

Jumat, 24 Nov 2023 - 10:59 WIB

Pendidikan

Cara Mengatasi Kelemahan dan Kelebihan PBL

Jumat, 24 Nov 2023 - 10:48 WIB