Populasi Ikan Wader Ijo di Rawa Pening Pangandaran Mengalami Penurunan yang Memprihatinkan

- Redaktur

Jumat, 7 Juli 2023 - 13:43 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Populasi Ikan Wader Ijo di Rawa Pening Mengalami Penurunan yang Memprihatinkan

Populasi Ikan Wader Ijo di Rawa Pening Mengalami Penurunan yang Memprihatinkan

BERITALOGI – Populasi ikan Wader Ijo, spesies unik dan endemik yang hidup di perairan Rawa Pening, Kabupaten Semarang, saat ini mengalami penurunan yang sangat signifikan. Kondisi ini menimbulkan keprihatinan di kalangan banyak pihak karena dikhawatirkan dapat menyebabkan kepunahan ikan Wader Ijo.

Riset yang dilakukan oleh Kepala Desa Paledah, Yanto, dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Paledah, Sahno, mengungkapkan bahwa populasi ikan Wader Ijo saat ini hanya sekitar 10 persen dari jumlah total populasi ikan di Rawa Pening.

Riset kecil ini dilakukan dengan tujuan untuk menghitung jumlah ikan Wader Ijo yang merupakan spesies asli Rawa Pening. Melalui pengambilan sampel ikan dari beberapa nelayan di lokasi yang berbeda, hasilnya menunjukkan adanya penurunan yang signifikan pada populasi ikan ini.

“Hasil survei yang kami lakukan bersama beberapa nelayan di berbagai lokasi menunjukkan bahwa ikan Wader Ijo semakin sulit untuk ditangkap. Berdasarkan hal ini, dapat disimpulkan bahwa populasi ikan Wader Ijo mengalami penurunan lebih dari sepuluh persen,” ujar Yanto pada Kamis, 6 Juli 2023.

Yanto menganalisis beberapa faktor yang menjadi penyebab menurunnya populasi ikan Wader Ijo. Salah satu faktornya adalah persaingan dengan spesies ikan baru yang memperebutkan sumber makanan yang sama.

“Spesies ikan baru tersebut bukanlah ikan asli Rawa Pening, tetapi ikan pemakan enceng gondok (grass carp), Tawes, nila, dan lele,” jelasnya.

Selain itu, penggunaan jaring kecil oleh para nelayan juga menjadi masalah yang berkontribusi terhadap penurunan populasi ikan. Penggunaan jaring kecil sering kali menangkap ikan Wader Ijo yang masih kecil, sehingga ikan-ikan ini tidak dapat berkembang biak dengan baik.

“Ikan Wader hijau berukuran sekitar 1 sentimeter ini seharusnya dibiarkan berkembang biak. Namun, sayangnya, seringkali mereka diambil untuk dijadikan ikan asin,” tambahnya.

Berlanjut dari riset kecil yang telah dilakukan, Yanto berencana untuk bekerja sama dengan pakar perikanan dari Kabupaten Pangandaran untuk memastikan jumlah populasi ikan Wader Ijo dengan lebih akurat. Selain itu, mereka juga akan melakukan penyelidikan terhadap penyebab penurunan jumlah ikan ini serta mengkaji metode pengembangbiakan yang tepat.

BACA JUGA :   Cara Menyadap WA Pacar dari Jarak Jauh Tanpa Diketahui

“Dalam upaya ini, kami akan berusaha mencari solusi terbaik untuk menjaga populasi ikan Wader Ijo dan memastikan kelangsungan hidup spesies ini,” pungkasnya.

Menghadapi Ancaman Penurunan Populasi Ikan Wader Ijo di Rawa Pening

Persaingan dengan Spesies Ikan Baru

Ikan Wader Ijo (Hijau) menghadapi ancaman serius terhadap kelangsungan hidupnya di perairan Rawa Pening. Salah satu faktor yang menyebabkan penurunan populasi ikan Wader Ijo adalah persaingan dengan spesies ikan baru yang memasuki perairan tersebut. Spesies ikan seperti enceng gondok (grass carp), Tawes, nila, dan lele menjadi pesaing utama ikan Wader Ijo dalam mencari sumber makanan.

Pengaruh Penggunaan Jaring Kecil

Penggunaan jaring kecil oleh para nelayan di Rawa Pening juga turut berperan dalam penurunan populasi ikan Wader Ijo. Jaring kecil seringkali menangkap ikan Wader Ijo yang masih berukuran kecil, sehingga ikan-ikan ini tidak dapat berkembang biak dengan baik. Penting bagi para nelayan untuk menggunakan alat tangkap yang lebih selektif agar ikan-ikan yang belum matang secara biologis dapat dilepas kembali ke perairan.

Kerjasama dengan Pakar Perikanan

Dalam upaya untuk mengatasi penurunan populasi ikan Wader Ijo, Kepala Desa Paledah, Yanto, berencana untuk bekerja sama dengan pakar perikanan dari Kabupaten Pangandaran. Kerjasama ini bertujuan untuk memastikan jumlah populasi ikan Wader Ijo dengan lebih akurat, meneliti penyebab penurunan jumlah ikan, dan mengkaji metode pengembangbiakan yang tepat. Langkah ini sangat penting untuk menjaga kelangsungan hidup ikan Wader Ijo dan melindungi spesies ini dari kepunahan.

Solusi untuk Mempertahankan Populasi Ikan Wader Ijo

Upaya perlindungan terhadap populasi ikan Wader Ijo harus menjadi prioritas. Dalam hal ini, diperlukan langkah-langkah yang dapat membantu mempertahankan populasi ikan ini. Beberapa solusi yang dapat diimplementasikan antara lain adalah pengaturan penangkapan ikan yang lebih ketat, promosi penggunaan alat tangkap yang lebih selektif, dan kampanye kesadaran untuk menjaga ekosistem perairan Rawa Pening. Kerjasama antara pemerintah, masyarakat, dan para ahli perikanan sangatlah penting dalam menjaga keberlanjutan populasi ikan Wader Ijo.

BACA JUGA :   Satgas TPPO Bareskrim Polri dan Polda Jajaran Berhasil Amankan 457 Tersangka

Dengan langkah-langkah yang tepat dan kesadaran yang tinggi, diharapkan populasi ikan Wader Ijo di perairan Rawa Pening dapat pulih dan tetap lestari untuk dinikmati oleh generasi mendatang.

Berita Terkait

5 Fakta dan Kisah 3 Relawan Indonesia di RS Gaza yang Selamat dari Ancaman Konflik
Debut Gemilang Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024: Berada dalam Grup Tantangan Bersama Qatar, Australia, dan Yordania
Penetapan Tersangka Firli Bahuri: Presiden Jokowi Hormati Proses Hukum
Kontroversi Surat Lama Osama bin Laden Viral di TikTok: Dampak, Respon Pemerintah, dan Sejarah Kontroversial
Polres Banjar Turut Mengikuti Kegiatan Apel Siaga Bencana BBWS Citanduy Bersama Pemkot Banjar
Optimisasi Target Pendapatan PKB 2023: Kabupaten Pangandaran Menduduki Peringkat Tertinggi di Jawa Barat
Indonesia Adventure Race 2023: Menjelajahi Keindahan Alam Pangandaran dan Mendorong Ekonomi Lokal
Polda Metro Jaya Terus Mendalamkan Penyelidikan Kasus Pemerasan: Sorotan Terhadap Keterlibatan Pimpinan KPK Firli Baharudin

Berita Terkait

Kamis, 23 November 2023 - 15:55 WIB

Misteri Mimpi Bertemu Putri Duyung: Pertanda Baik atau Buruk?

Selasa, 26 September 2023 - 12:05 WIB

Cerkak Bahasa Jawa, Masih Tetap Bertahan dan Tak Tergerus Modernisasi Zaman

Sabtu, 23 September 2023 - 12:05 WIB

Pemberian Visa Kunjungan Merupakan Kewenangan dari Siapa?

Jumat, 22 September 2023 - 12:05 WIB

15 Aliran Seni Lukis Lengkap dengan Ciri-ciri dan Tokoh yang Mempopulerkannya

Kamis, 21 September 2023 - 12:05 WIB

5 Alasan Kenapa Naik Transportasi Shuttle itu Lebih Nyaman

Rabu, 20 September 2023 - 12:04 WIB

6 Masalah Kesehatan di Indonesia yang Sampai Sekarang Masih Ada

Selasa, 19 September 2023 - 12:26 WIB

6 Home Industri dengan Keuntungan Menjanjikan, Modal Minim dan Resiko Sangat Kecil

Selasa, 19 September 2023 - 11:39 WIB

5 Cara Menghindari Konflik Saat Liburan dengan Teman

Berita Terbaru

Pendidikan

Cara Mengatasi Kelemahan Problem Based Learning (PBL)

Jumat, 24 Nov 2023 - 10:59 WIB

Pendidikan

Cara Mengatasi Kelemahan dan Kelebihan PBL

Jumat, 24 Nov 2023 - 10:48 WIB